Compute Stick, Komputer Mini yang Bakal Jadi Tren

Compute Stick, Komputer Mini yang Bakal Jadi Tren
Compute Stick adalah perangkat komputer mini yang secara resmi telah diperkenalkan raksasa chip dunia, Intel, pada event Consumer Electronics Show (CES) 2015 awal Januari lalu. Perangkat komputer mini ini hanya seukuran dengan flashdisk, namun telah dilengkapi prosesor generasi baru buatan Intel.

Dari segi bentuk, Compute Stick ini sangat mirip menyerupai sebuah flashdisk lawas, bedanya hanya pada bagian interface HDMI, dimana perangkat ini dapat ditancapkan ke sebuah perangkat display yang mendukung input HDMI, sehingga kemudian dapat digunakan layaknya sebuah komputer biasa.

Compute Stick buatan Intel ini diperkuat dengan prosesor Atom Bay Trail quad core dengan RAM 2 GB, serta storage eMMC 32 GB. Menurut berita yang dilansir Mashable, Minggu (18/1/2014), perangkat ini telah mendukung fungsi penuh Windows 8.1 atau Ubuntu Linux.

Selain itu, Compute Stick juga telah mendukung konektivitas bluetooth 4.0, WiFi, dan satu port USB, juga slot ekspansi micro-SD.

Dari informasi situs resmi Intel, Compute Stick ini akan dirilis di tahun 2015 ini dan akan dipasarkan dalam dua varian, dengan OS Windows 8.1 atau Ubuntu. Varian dengan Windows 8.1 akan dipasarkan seharga US$ 149. Sementara varian dengan Ubuntu akan dilengkapi dengan RAM hanya 1 GB dan storage hanya 8 GB serta dipasarkan di harga US$ 89.