Pembangunan Relokasi Sinabung Tahap Kedua Dimulai

Pembangunan Relokasi Sinabung Tahap Kedua Dimulai
Pembangunan rumah hunian tetap di lahan relokasi bagi korban erupsi Gunung Sinabung di kawasan Siosar tahap kedua sudah dimulai sejak awal Januari 2015 lalu. Ditargetkan 320 unit rumah akan diselesaikan dalam 3 bulan kedepan.
Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/1/2015) menyebutkan, pembangunan rumah relokasi tahap kedua yakni sebanyak 320 unit rumah sudah dimulai.
“Pembangunan rumah hunian tetap untuk relokasi korban Sinabung tahap kedua di kawasan Siosar sudah dimulai, ditargetkan 320 unit rumah akan selesai dikerjakan dalam tiga bulan kedepan” ujarnya.
Sebelumnya pada pembangunan rumah relokasi tahap pertama telah diselesaikan 50 unit rumah. Selain pembangunan 50 rumah, pembukaan akses menuju lahan relokasi berupa jalan utama sepanjang 2,7 km juga sudah dilakukan. Selain itu, jaringan listrik juga telah masuk ke masing-masing 50 unit rumah yang telah selesai dibangun.
Seperti diketahui, 370 unit rumah ini diperlukan sebagai tempat relokasi warga 3 desa yang berada di lereng Gunung Sinabung. Masing-masing desa yang direlokasi tersebut, diantaranya Desa Suka Meriah, Bekerah, dan Simacem. Ketiga desa dengan jumlah penduduk 1.212 jiwa atau 370 kepala keluarga ini akan direlokasi secara permanen di kawasan Siosar, Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo.