Wilayah Karo Kampung di Kabupaten Dairi

Wilayah Karo Kampung di Kabupaten Dairi
Pada Zaman Belanda, daerah Dairi dibagi menjadi 3 , salah satu onderdistrik adalah Onderdistrik Van Karo Kampung. Onderdistrik Van Karo Kampung sendiri terdiri dari 5 kenegerian, yaitu; Tiga Lingga, Tanah Pinem, Pegagan Hilir, Juhar Kidupen Manik dan Lau Juhar.

Tahun 1942, kolonial Belanda jatuh atas pendudukan Dai Nippon. Pada saat itu hingga Republik Indonesia merdeka, Jepang tidak merubah pemerintahan di Dairi.

Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945, dibentuk Komite Nasional di Dairi. Komite tersebut untuk mengatur pemerintahan Dairi sesuai dengan Undang-undang Nomor 1 tahun 1945. Untuk melengkapi dan menampung aspirasi masyarakat, anggota komite dipilih sebanyak 35 orang yang mewakili setiap daerah Dairi dan setiap Urung (kewedanan).

Pada tanggal 6 Juli 1947, Agresi Belanda menduduki Sumatera Timur. Hal ini membuat putera Dairi yang berada di sana kembali mengungsi ke Dairi. Demikian juga halnya dengan putera asal Tapanuli. Untuk melancarkan pemerintahan serta menghadapi perang melawan agresi Belanda, maka Residen Tapanuli yang dipimpin oleh Dr. Ferdinan Lumban Tobing selaku Gubernur Militer Sumatera Timur dan Tapanuli menetapkan Tapanuli menjadi 4 (empat) Kabupaten. Pembagian wilayah meliputi; Silindung, Humbang, Toba Samosir dan Dairi. Keputusan tersebut berlaku mulai 1 Oktober 1947, yang kemudian ditetapkan mejadi hari jadi Kabupaten Dairi.

Setelah Dairi ditetapkan menjadi kabupaten, maka diangkat Bupati yang saat itu dipimpin oleh Paulus Manurung. Bupati berkedudukan di Sidikalang dengan memiliki 3 (tiga) wilayah kewedanan dan salah satu wilayah kewedanan adalah Kewedanan Karo Kampung yang terdiri dari Kecamatan Tiga Lingga dan Tanah Pinem.

Pada tanggal 11 Maret 2003, sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Dairi Nomor 15 tahun 2002 tentang pembentukan Kecamatan Berampu dan Kecamatan Gunung Sitember, maka Bupati Dairi meresmikan Kecamatan Gunung Sitember yang merupakan wilayah pemekaran dari Kecamatan induknya sebelumnya, yakni Kecamatan Tigalingga.

Sejak diresmikannya kecamatan Gunung Sitember tahun 2003, maka wilayah Karo Kampung di Kabupaten Dairi kini terdiri dari 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Tanah Pinem, Kecamatan Tiga Lingga, dan Kecamatan Gunung Sitember. Dikutip dari berbagai sumber