Remaja India Temukan Celah Intip Foto Pengguna WhatsApp

Remaja India Temukan Celah Intip Foto Pengguna WhatsApp
Indrajeet Bhuyan, seorang peneliti keamanan remaja berusia 17 tahun dari India, berhasil menemukan celah atau bug pada WhatsApp versi desktop yang beru-baru ini resmi diluncurkan dalam bentuk web client. Masalah ini akan sedikit menganggu privacy pengguna di web client WhatsApp yang beralamat di web.whatsapp.com.
Problem sinkronisasi antara aplikasi mobile dan web client WhatsApp memungkinkan foto profil pengguna dapat dilihat oleh orang asing yang nomor ponselnya tak tercantum dalam daftar kontak WhatsApp.
Seperti diketahui, WhatsApp sebenarnya menyediakan opsi untuk menyembunyikan profile picture dari orang asing dan hanya menunjukkannya pada teman di daftar kontak. Tetapi hal tersebut dibuat tak berlaku di web karena disebabkan masalah keamanan tadi.
Masalah lainnya yang turut ditemukan Bhuyan, yakni foto yang telah dihapus sebelumnya juga masih dapat dilihat dengan jelas melalui web client, meski hanya tampak sebagai gambar buram jika dibuka memakai aplikasi mobile.
Menanggapi temuan Bhuyan, pakar keamanan Graham Cluley mengatakan bahwa, meski tak mengancam data yang benar-benar sensitif, masalah keamanan ini akan cukup mengganggu privasi pengguna WhatsApp.
“Faktanya adalah ada pengguna WhatsApp yang membatasi foto profil mereka. Para pengguna ini berharap WhatsApp mengikuti keinginan mereka dan hanya memperlihatkan foto pada orang yang telah disetujui oleh pengguna,” ujar Cluley.
Pada bulan Desember 2014 lalu, Bhuyan juga pernah mengungkapkan bug lain pada WhatsApp, di mana ia bisa membuat pesan khusus yang bisa membuat crash aplikasi pesan instan tersebut.
Sebelumnya, WhatsApp versi desktop secara resmi telah diluncurkan pada Januari lalu dalam bentuk web client. Pengguna layanan pesan instan itu pun bisa bertukar pesan lewat peramban Chrome di komputer. (Baca: WhatsApp Kini Bisa Digunakan di Komputer)