Bocoran Soal Ujian Nasional 2015 Diburu di Internet

Bocoran Soal Ujian Nasional 2015 Diburu di Internet
UN atau Ujian Nasional baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan juga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebentar lagi akan tiba. Tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana keberadaan prediksi dan bocoran soal Ujian Nasional kini telah mulai menjadi incaran para siswa melalui internet atau media online.

Seperti pantauan Sipayo.com dari Google Trends, sejumlah kata yang berkaitan dengan soal Ujian Nasional 2015 semakin banyak dicari netizen dalam beberapa minggu terakhir. Berbagai kata-kata yang mengemuka, diantaranya Soal UN 2015, Soal UN 2014, Soal UN SMK, Soal UN SMP, bahkan soal UN SD.

Selain mengemukannya kata-kata yang dicari dan berhubungan dengan Ujian Nasional 2015 melalui search engine Google, beberapa blog atau website yang menyediakan prediksi dan bocoran soal UN juga terlihat turut semakin banyak dikunjungi. Seperti salah satu contohnya adalah blog pak-anang.blogspot.com, blog yang menyediakan berbagai soal-soal dan prediksi UN 2015 ini pengunjungnya meningkat dalam beberapa minggu terakhir, dan hal tersebut dapat terpantau dari Alexa.com, yakni situs yang menyediakan jasa perangkingan website dan blog di jagat maya.

Mencari prediksi soal Ujian Nasional sebagai sarana pembelajaran dalam menghadapi ujian akhir di sekolah memang tidak menjadi masalah. Namun ketika soal-soal bocoran UN yang beredar tersebut dijadikan bahan contekan saat UN nanti tentunya jelas salah.

Seperti diungkapkan Yohannes Mardijono Kepala SMAN 1 Surabaya, Rabu (8/4/2015). Kepada segenap siswa SMA dan SMK sederajat kelas XII dihimbau agar tidak percaya dengan adanya kabar bocoran soal ujian nasional (UN) menjelang digelarnya pada 13 April 2015 mendatang.

“Kami sudah sampaikan itu justru jauh-jauh hari sebelum siswa mulai memasuki berbagai try out dan uji coba mengerjakan soal-soal ujian nasional. Tidak perlu percaya dan berpikir bahwa akan ada bocoran soal ujian nasional,” kata Yohannes Mardijono seperti yang dikutip dari suarasurabaya.net.

Yohanes menegaskan kepada seluruh siswa yang akan mengikuti ujian nasional bahwa kabar seperti itu hanya akan menyita dan membuang waktu. “Daripada menunggu sesuatu yang tidak pasti, sebaiknya tidak usah ditunggu dan dipercaya. Merugikan malah,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala SMAN 14 Surabaya, dia juga turut menghimbau kepada siswa peserta ujian nasional untuk tidak percaya dengan bocoran soal ujian nasional bahkan dilakukan juga kepada orang tua siswa.

“Saat berkumpul disekolah, kepada orang tua siswa kami juga sampaikan bahwa mereka tidak perlu percaya dengan kabar adanya bocoran soal. Biasanya disaat-saat seperti itu, orang tua siswa juga ikut kepikiran. Kami tegaskan kepada mereka agar tidak percaya adanya bocoran soal,” terang Muntiani.

Mengapa hal itu penting juga disampaikan kepada orang tua siswa, karena bisa jadi siswa tidak berpikir adanya bocoran soal tetapi justru orang tua yang repot dan ikut mencarikan bocoran soal. “Justru itu kami informasikan juga pada orang tua siswa,” kata Muntiani.