Alasan Google Jadi Alphabet

Alasan Google Jadi Alphabet
Sipayo.com – Sejak hari ini, selasa (11/8/2015) Google resmi dibawah perusahan Alphabet. Alphabet merupakan perusahan bentukan dari pendiri google itu sendiri yang akan menaungi seluruh unit usaha google yang sudah ada.
 
Kabar “lengser”nya Google oleh alphabet tentu menjadi tanda tanya besar, karena google sudah tumbuh menjadi sebuah usaha yang sangat mapan dan menjadi raksasa internet. Namun kini hanya menjadi sebauh divisi dibawah Alphabet.
 
Google didirikan pada tahun 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brinn. Sejak didirikan 17 tahun yang lalu  google sudah banyak menciptakan inovasi baru dibidang teknologi, nmaun kenapa Larry dan Sergey mendirikan aplhabet ? 
 
Menurut penelusuran sipayo.com ada beberapa alasan mengapa Larry page dan Segey Brinn mendirikan Alphabet adalah adanya kesepakan kedua pendiri yang tertulis pada surat pendirian bahwa Google bukanlah perusahaan konvensional.
 
Selain alasan utama diatas ada berapa lagi alasan lain seperti dilansir oleh mashabel, selasa (11/8/2015).
 
1. Mempertahankan kemapanan Google dan mengelola inovasi di Alphabet.
 Banyakya unit usaha google tidak lagi dapat dikelola dalam satu payung google. Unit-unit yang sudah mapan seperti youtube, mesin pencari dll butuh kepala yang dapat menjaga kemapanan usaha tersebut.
 
2. Mempertahankan talenta-talenta Google sebelum dibajak perusahaan lain.
Banyaknya pegawai google yang pindah keperusahaan lain sangat merugikan. Pindahanya pegawai yang bertalenta disebabkan tidak banyaknya posisi strategis bila semua dibawah google.
 
3. Proses akuisisi yang lebih jelas.
Google sampai saat ini sudah banyak membeli usaha lain. Untuk lebih mengembangkan bisnis maka akan lebih mudah melalu alphabet, karena google sudah lebih dikenal dengan mesin pencari, dan banyak  perusahaan yang dibeli ingin  lepas dari bayang-bayang google sebagai mesin pencari.
 
4. Meregangkan kecemasan regulator
Uni Eropa beberapa kali bersitegang dengan Google. Dituding kerap digunakan oleh Google sendiri untuk kepentingan pengembangan bisnisnya. Dengan kehadiran Alphabet, Page meredakan kekhawatiran tersebut.