Daftar Klub Peserta Fase Grup Liga Champions 2015/2016

Daftar Klub Peserta Fase Grup Liga Champions 2015/2016

Sipayo.com – Fase babak play-off Liga Champions telah usai, kini liga terbaik sedaratan Eropah tersebut akan berlanjut ke fase grup yang menampilkan 32 klub kontestan untuk bertarang pada babak ini, serta akan dibagi dalam delapan grup.

Pada babak fase grup, sebanyak 10 tim mendapatkan tiket melalui jalur babak play-off, sementara 22 tim lainnya sudah lolos terlebih dahulu secara otomatis.

Dari ke-32 tim yang berlaga di babak fase grup Liga Champions musim 2015/2016, merupakan perwakilan dari 17 negara berbeda. Di antara 32 tim tersebut, tiga tim diantaranya merupakan debutan di fase grup, Astana, Borussia Moenchengladbach, dan Gent.

Adapun Spanyol merupakan negara yang mengirimkan wakil terbanyak di babak fase grup musim ini. Terdapat lima klub sebagai perwakilan dari La Liga, yaitu Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, Sevilla, dan Valencia. Spanyol menjadi negara pertama yang punya lima wakil di fase grup dalam satu musim yang sama.

Jerman dan Inggris sama-sama punya empat tim di fase grup. Italia, Prancis, Portugal, Rusia, dan Ukraina masing-masing mengirimkan dua wakil.

Sementara itu, Belanda, Turki, Yunani, Belarusia, Kroasia, Israel, Belgia, Swedia, dan Kazakhstan masing-masing cuma punya satu wakil saja di fase grup musim ini.

Berikut daftar lengkap 32 kontestan fase grup Liga Champions, berdasarkan asal negara masing-masing tim:

Spanyol
Barcelona
Real Madrid
Atletico Madrid
Sevilla
Valencia

Jerman
Bayern Munich
Bayer Leverkusen
Borussia Moenchengladbach
Wolfsburg

Inggris
Chelsea
Manchester City
Arsenal
Manchester United

Italia
Juventus
AS Roma

Portugal
Benfica
Porto

Prancis
Paris Saint-Germain
Lyon

Rusia
Zenit Saint Petersburg
CSKA Moscow

Ukraina
Shakhtar Donetsk
Dynamo Kiev

Belanda
PSV Eindhoven

Turki
Galatasaray

Yunani
Olympiakos

Belarusia
BATE Borisov

Kroasia
Dinamo Zagreb

Israel
Maccabi Tel Aviv

Belgia
Gent

Swedia
Malmo

Kazakhstan
Astana