Hasil Undian Fase Grup Liga Champions Diumumkan 27 Agustus 2015

Hasil Undian Fase Grup Liga Champions Diumumkan 27 Agustus 2015
Sipayo.com – Babak kualifikasi Liga Champions musim 2015-2016 telah usai digelar tadi malam, Kamis (27/08/2015) dinihari WIB. Sebanyak 32 tim dinyatakan berhak lolos ke babak fase grup kompetisi kasta tertinggi antarklub eropah tersebut.
Di babak fase grup, sebanyak 10 tim mendapatkan tiket melalui jalur babak kualifikasi, sementara 22 tim lainnya sudah terlebih dahulu lolos secara otomatis.
Masing-masing ke-32 klub yang tampil pada babak utama akan di bagi ke dalam empat pot, dimana tim juara liga domestik negara yang menempati posisi delapan besar ranking tertinggi UEFA akan berada di pot 1, yang berarti  Chelsea terhindar dari Barcelona, Bayern Muenchen, Juventus, Benfica, Paris Saint-Germain, Zenit St Petersburg dan PSV Eindhoven.
Meski demikian, Chelsea masih berpeluang menghadapi dua raksasa Liga Spanyol, seperti Real Madrid dan Atletico Madrid, yang berada di pot 2. Pot ini dihuni klub menurut koefisiennya, sehingga Manchester United, yang meskipun harus melewati babak kualifikasi, berada di pot 2.
Dengan sistem pembagian tersebut, sangat berpeluang terjadi grup neraka. Akan tetapi, UEFA memastikan bahwa pada fase grup tidak akan terjadi pertemuan dini antarklub dari satu negara.
Undian, yang dibawakan oleh Peter Schmeichel dan Melanie Winiger, akan dilakukan di Monaco pada Kamis (27/8/2015) pukul 17.45 CET atau 22.45 WIB. Hasil undian tersebut juga berlaku untuk UEFA Youth League.
Pembagian pot
Pot 1: Barcelona, Chelsea, Bayern Muenchen, Juventus, Benfica, Paris, Zenit, PSV Eindhoven
Pot 2: Real Madrid, Atletico Madrid, Porto, Arsenal, Manchester United, Valencia, Bayer Leverkusen, Manchester City
Pot 3: Shakhtar Donetsk, Sevilla, Lyon, Dynamo Kyiv, Olympiacos, CSKA Moskva, Galatasaray, Roma
Pot 4: BATE Borisov, Borussia Muenchengladbach, Wolfsburg, Dinamo Zagreb, Maccabi Tel-Aviv, Gent, Malmo, Astana
Pertandingan pembuka fase grup dimulai pada 15 September. Matchday terakhir fase ini berlangsung pada 9 Desember 2015 mendatang.