Manfaat Buah Cranberry Mampu Mencegah Kanker usus

Manfaat Buah Cranberry Mampu Mencegah Kanker usus
 Sipayo.com – Sebuah studi di Inggris menemukan Buah Cranberry ternyata bermanfaat mencegah dan melawan kanker usus. Namun buah ini harus di ekstraksi terlebih dulu sebelum digunakan. Adapun penelitian itu dilakukan oleh para peneliti University of Masschusets.
 
Buah cranberry mungkin asing dan jarang kita dengar di Indonesia, hal itu wajar karena buah ini buka buah-buahan asli yang tumbuh di tanah air.  Buah cranberry bentuknya bulat lonjong berwarna merah, sekilas mirip buah kopi yang sudah masak atau juga seperti buah cherry.
 
Tumbuhan Cranberry

 Peneliti menguji bubuk ekstrak cranberry pada tikus denghan penyakit kanker usus selama 20 minggu. Ekstrak yang diberikan kira-kira sebanyak satu cangkir buah ini.

 
Hasilnya kanker yang ada pada tikus yang diberikan ekstrak buah ini berkurang dibandingkan dengan tikus yang tidak diberikan.
 
“Kami mengindentifikasi bahwa beberapa komponen pada ekstrak cranberry selama bertahun-tahun menjanjikan melawan kanker, dan melihat hasil ini cukup menggembirakan,” ucap Neto seperti dikutip sipayo.com pada  Mirror, Jumat (21/8/2015).
 
Buah cranberry kaya senyawa polifenol untuk mencegah pertumbuhan tumor di dalam tubuh. Tumbuhan ini banyak ditemukan di Amerika utara. Kandungan Flavoid yang ada pada buah ini juga ampuh untuk mengurangi lemak dan menurunkan kolestrol.