Pengurus Asosiasi Kopi Taneh Karo Telah Dilantik

Pengurus Asosiasi Kopi Taneh Karo Telah Dilantik
Sipayo.com – Pengurus Asosiasi Kopi Taneh Karo (AKTK) secara resmi telah dilantik oleh Bupati Kabupaten Karo Terkelin Brahmana di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Senin (17/8/2015) kemarin. Susunan kepengurusan yang dilantik pada kesempatan tersebut, yaitu Wilson R Sembiring Milala (Ketua), Benson Adisaputra Kaban (Sekertaris), Alexander Sinukaban (Bendehara), dan sejumlah pengurus lainnya.

Pelantikan AKTK juga turut dihadiri oleh Dinas Pertanian, Kepala Badan penyuluhan Pertanian, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindusterian, Kadis Perdagangan, Sekda Kabupaten Karo, Kadis Pendapatan Daerah, Kadis Sosial dan sejumlah undangan lainnya.

Pada acara pelantikan tersebut, Bupati Karo juga menyampaikan bahwa pemerintahan Kabupaten Karo mendungkung sepenuhnya program AKTK, Sebagai buktinya, Bupati Karo telah mengeluarkan Piagam AKTK sebagai organisasi legal, hal tersebut juga ditindaklanjuti oleh Kepala Badan Penyuluhan Pertanian dan Dinas Pertanian yang juga turut mengeluarkan surat pengesahan AKTK secara resmi.

Acara pelantikan Pengurus AKTK tersebut berlangsung dengan hikmat. Bahkan seusai acara, pengurus AKTK yang telah dilantik juga turut mengikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke 70 Tahun, sekaligus menyaksikan pawai Perayaan Kemerdekaan RI di Kota Kabanjahe dan Berastagi.

Menurut keterangan Sekertaris AKTK Benson Kaban melalui surat elektroniknya kepada Sipayo.com, terbentuknya AKTK bertujuan untuk memerdekakan dan membangun kesejahteraan petani, khususnya petani kopi di Taneh Karo.

“Pembentukan AKTK bertujuan memerdekakan dan membangun kesejahteraan petani khususnya petani kopi Taneh Karo dengan cara mendorong produk kopi Karo menjadi ‘brand’ di tingkat nasional sebagai bagian dari kopi Nusantara di kancah Internasional,” ujarnya.

Selanjutnya menurut Benson, program terdekat adalah mendeklarasikan AKTK pada tanggal 03 Oktober 2015 mendatang di Open Stage Mejuah-juah di Kota Berastagi.

“Deklarasi itu nantinya sekaligus sebagai peluncuran program AKTK untuk 5 tahun kedepan. Hal ini akan kita lakukan dihadapan seluruh anggota. Bahkan pada kesempatan tersebut kita juga akan melakukan penerimaan anggota baru secara massal,” terangnya.

Benson juga menyatakan bahwa pada acara deklarasi AKTK akan turut dijelaskan perlunya petani kopi harus Ber- Asosiasi, Apa manfaatnya bagi Petani, serta apa yang harus dikerjakan di Asosiasi. Acara deklarasi yang diselenggarakan nantinya juga sekaligus sebagai perayaan Hari Kopi Internasional (International Coffee Day) yang jatuh pada tanggal 29 September 2015.

“Acara deklarasi tersebut akan dihadiri sekitar 5000 orang petani kopi, dengan demikian maka acara akan dikemas semenarik mungkin, termasuk akan di isi dengan hiburan menarik dengan kehadiran artis ibu kota dan artis lokal,” tutupnya.