AKTK Gelar Konferensi Pers Terkait Festival Kopi Rakyat

AKTK Gelar Konferensi Pers Terkait Festival Kopi Rakyat
Sipayo.com – Dalam rangka pegelaran Festival Kopi Rakyat yang diselenggarakan di Open Stage, Taman Mejuah-juah Berastagi, 3 Oktober 2015 mendatang, Asosiasi Kopi Taneh Karo (AKTK) menggelar konferensi pers di Omerta Koffie, Jl.Wahid Hasyim No. 9 Medan, Senin (14/09/2015) siang.

Melalui konferensi pers yang dihadiri oleh puluhan wartawan lokal dan nasional tersebut, Ketua AKTK Wilson R. Sembiring didampingi Ketua Panitia Festival Kopi Rakyat Benson A. Kaban, S.Sos menyampaikan tujuan diselenggarakannya Festival Kopi Rakyat di Berastagi.

“Festival Kopi Rakyat yang diselenggarakan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kopi Internasional ini nantinya bertujuan untuk menjelaskan apa manfaat asosiasi kopi bagi petani kopi. Selain itu, kita juga berharap agar melalui kegiatan ini dapat sekaligus membangkitkan semangat petani dalam budidaya tanaman kopi,” ujar Wilson dalam keterangan persnya didampingi oleh sejumlah pengurus AKTK yang telah terbentuk pada tanggal 17 Agustus 2015 lalu di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo.

Wilson menambahkan, melalui kegiatan Festival Kopi Rakyat nantinya juga turut akan disosialisasikan program AKTK untuk lima tahun kedepan kepada petani, membuka prespektif pemikiran petani kopi, mulai dari pembibitan, budidaya dan paska panen.

“Pada kegiatan itu nantinya kita juga akan meluncurkan Kartu Tanda Anggota AKTK yang berfungsi ganda sebagai ATM, berupa buku tabungan simpan-pinjam sekaligus mendapatkan asuransi jiwa bagi anggota AKTK yang telah terdaftar,” tegasnya.

Senada dengan Wilson, Benson Kaban sebagai Ketua Panitia Festival Kopi Rakyat sekaligus sebagai Sekertaris AKTK juga turut menyampaikan tujuan diselenggarakannya Festival Kopi Rakyat.

“Paska terselenggaranya Festival Kopi Rakyat nantinya yang sekaligus sebagai deklarasi terbentuknya AKTK, kita berharap agar hubungan harmonis dapat tercipta dengan seluruh pihak, baik antara AKTK dengan instansi pemerintah, perusahaan, serta personal, mulai dari pembibitan, budidaya dan paska panen dan pemasaran kopi,” ujarnya.

Seperti diketahui, penyelanggaraan Festival Kopi Rakyat yang digagas oleh AKTK di Berastagi dipastikan akan dihadiri 5000 orang petani kopi di seluruh Kabupaten Karo.


Serangkaian kegiatan yang turut diselenggarakan nantinya di acara tersebut, diantarnaya Demo Roasting Coffee, Pameran Usaha Kopi (Cafe), Pameran Produk Kopi Kemasan, Lomba Fotography ber-tema-kan Kopi, Pemilihan Putri Kopi Taneh Karo, serta pegelaran seni dan budaya.

Turut pula diselenggarakan dalam kegiatan ini nantinya, seperti pertandingan catur Karo, pameran hasil kerajinan tangan di Karo, dan perform sejumlah artis-artis top dari Taneh Karo.