Apa Kata Amien Rais Ketika PAN Bergabung KIH?

Apa Kata Amien Rais Ketika PAN Bergabung KIH?
Sipayo.com – Amien Rais sebagai Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku telah dilapori soal langkah PAN yang bergabung menjadi pendukung Pemerintah di Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

Dari penuturan Amin Rais kepada media, pada 1 September 2015 lalu, dia turut hadir dalam acara ulang tahun di rumah Zulkifli Hasan. Ketika itu kata Amien, dirinya sudah diberitahu Zulkifli Hasan tentang langkah yang akan diambil PAN, menyusul pertemuan dengan Presiden Jokowi.

“Ya saya sudah diberitahu soal akan ada pertemuan Ketua PAN dengan Presiden Joko Widodo,” ujar Amien Rais, Kamis (3/9/2015).

Amien Rais mengungkapkan, saat acara ulang tahun itu, dirinya bersama sejumlah petinggi PAN telah diajak berbicara oleh Zulkifli.  Waktu itu saya bertemu dengan pak Zul saat ulang tahun, di situ teman-teman kumpul. Saya diajak ke ruangan dan membicarakan jika akan bertemu Pak Jokowi,” kata dia lagi.

Saat pembicaraan itu, Amien mengaku telah memberikan masukan dan nasihat. Dia mengingatkam agar langkah PAN jangan hanya didasarkan pada kepentingan remeh atau jangka pendek semata.

“Saya yakin sekali kalau Pak Jokowi dengan KIH (Koalisi Indonesia Hebat) atau ditambah PAN sekalipun, ikut memikul beban berat, tetapi dalam keadaan krisis seperti sekarang ini, dan dari pengalaman negara lain, kita memerlukan kekuatan bersama,” kata Amien. 

Sebelumnya, Amien juga telah mengingatkan Pemerintah agar rangkulan yang dilakukan terhadap PAN tidak menjadi “rangkulan maut” yang hanya bertujuan memecah belah kekuatan politik.Rangkulan agar PAN mendukung Pemerintah, sebaiknya dilakukan demi kepentingan Bangsa yang lebih besar.

“Nah, pertemuan Ketua Umum PAN dan Jokowi harus diletakkan dalam perspektif ini, jika pertemuan itu untuk menghadapi krisis ekonomi, tentu kita syukuri,” ujar Amien.