BNPB Beri Lahan Pertanian 56 Ha Untuk Pengungsi Desa Bakerah

BNPB Beri Lahan Pertanian 56 Ha Untuk Pengungsi Desa Bakerah
Sipayo.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyewa lahan 56 Ha untuk 112 KK pengungsi sinabung dari desa Bakerah. Masing-masing KK mendapat 0,5 Hektar.
 
Pembukaan lahan dibuka oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH pada hari Jumat (4/9/2015) di di Puncak 2000, Desa Kacinambun, Kecamatan Tigapanah, kabupten karo.
 
Bupati  didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Karo Inolia Br Ginting, Kapolres, AKBP Victor T Tambunan SH SIk, Kajari Kabanjahe I Dewa Gde Wirajana SH, Sekda dr Saberina MARS. Lahan pertanian disewa sebesar Rp 2,5 juta/ha selama setahun oleh BNPB.
 
Untuk desa Simacem dan Sukameriah yang juga bernasib sama dengan Bakerah belum mendapatkan lahan. Namun pemerintah berjanji akan terus memperjuangkannya.
 
Kami mengharapkan masyarakat pengungsi dapat memaklumi. Pemerintah tetap berupaya maksimal untuk memberikan bantuan dan solusi kepada masyarakat pengungsi. Harus dipahami bahwa, kebijakan pemerintah daerah atau bupati tidak ada dalam memberi keputusan dalam penanganan pengungsi. Tapi mutlak kebijakan pemerintah pusat,” jelas bupat seperti dikutip sipayo.com pada hariansib, sabtu (5/9/2015).
 
Setelah dibukanya lahan ini diharapakan masyarakat Desa Bakerah sudah dapat mulai bertani. Pemerintah melalui Dinas pertanian terlebih dulu mengadakan penelitian agar petani dapat berhasil.