Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh di Kaki Gunung Sinabung

Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh di Kaki Gunung Sinabung

Sipayo.com – Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum) yang merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) dan dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga terbesar didunia, sekaligus sebagai tumbuhan endemik dari Pulau Sumatera ditemukan tumbuh di bawah kaki Gunung Sinabung, Kabupaten Karo.
Penemuan bunga bangkai yang banyak dilaporkan oleh pengguna sosial media Facebook, khususnya para relawan bencana erupsi Gunung Sinabung tersebut terdapat di Desa Susuk, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo. Desa ini sendiri berada pada jarak 6 km dari puncak Gunung Sinabung.
Sejak ditemukan sekira pada 21 September 2015 lalu, hingga kini keberadaan bunga bangkai tersebut masih belum mekar. Meski demikian, beberapa pengguna Facebook menyebutkan bahwa diperkirakan dalam waktu dekat bunga yang identik dengan bau seperti bangkai itu akan segera mekar dalam waktu dekat.
Seperti diketahui, bunga bangkai raksasa merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki bunga yang sangat besar dan tinggi. Bunga langka yang umumnya hanya terdapat di Pulau Sumatera tersebut, dapat tumbuh dengan ketinggian antara 1,5 meter hingga 3 meter.