Cara Memilih Semangka yang Manis dan Merah

Cara Memilih Semangka yang Manis dan Merah
Sipayo.com – Pernah tertipu saat membeli semangka? Tampilannya terlihat besar dan warnanya bagus, tapi setelah dibelah warna dagingnya kusam dan rasanya hambar?

Memilih semangka memang susah-susah gampang, karena daging buahnya tersembunyi di dalam. Untuk mendapatkan semangka terbaik, Anda perlu mengendalikan indra penciuman.

Berikut ini adalah tips dan cara memilih semangka yang berasa manis dan dagingnya terlihat merah cerah sehingga mengundang rasa ingin untuk segera mencicipinya.

1. Jangan membeli semangka sebelum musim panas
Membeli semangka sebaiknya pada puncak musim panas. Pasalnya, semangka membutuhkan panas matahari yang sempurna agar dapat tumbuh dengan baik. Perlu juga diperhatikan puncak musim panas tiap daerah karena mungkin akan saling berbeda.

2. Sebisa mungkin belilah semangka lokal
Ada baiknya untuk membeli semangka dari produk kebun lokal. Anda akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan semangka matang di pohon, sehingga rasanya akan lebih manis dibanding semangka yang masak lantaran terlalu lama diperam.

3. Pertimbangkan pilihan semangka tanpa biji atau semangka lokal
Kebanyakan orang saat ini lebih memilih semangka tanpa biji. Mereka tidak memikirkan bahwa sebagian besar semangka tanpa biji tidak diproduksi secara lokal. Jadi, semangka-semangka tersebut pasti melewati perjalanan pajang sebelum sampai ke tangan Anda. Resiko terkontaminasi pun lebih besar.

4. Beli semangka berukuran besar
Semangka yang berukuran lebih besar memang tidak selalu baik. Namun semangka yang baik tergantung pada varietas, kebun, dan seberapa lama berada di batang. Namun yang pasti, pilihlah semangka dengan daging yang tebal agar jika rasanya tidak manis, tapi paling tidak Anda mendapatkan daging yang maksimal.

5. Beli semangka yang lebih berat
Ada semangka yang besar, tetapi isinya lebih ringan daripada semangka berukuran lebih kecil. Perbedaan tersebut tergantung pada kandungan air di dalamnya. Dengan demikian, untuk mendapatkan semangka yang manis dengan daging merah cerah, pilihlah buah semangka yang berat.

6. Lihat tanda khas semangka

Semangka sering kali mempunyai spot berwarna putih atau kuning di sisi bawahnya. Ini menjadi suatu pertanda semangka sudah boleh dipetik dari pohonnya.

7. Ketuk semangka dan dengarkan bunyi bergema di dalam
Jika semangka menghasilkan suara lebih drum tidak nyaring ketika ditepuk dengan tangan, maka ini bertanda sudah sangat matang. Bila suaranya lebih nyaring, semangka berarti masih muda.

8. Jangan membeli semangka potong
Semangka rawan terkontaminasi oleh bakteri dari luar bila sudah dipotong, sehingga mudah asam dan lembek. Belum lagi alat unutk memotongnya yang belum tentu bersih.