Gunung Sinabung Meletus 21 September 2015

Gunung Sinabung Meletus 21 September 2015
Sipayo.com – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali mengelami erupsi, Senin (21/09/2015) sekitar pukul 10.30 WIB dan masih berlangsung hingga saat tulisan ini dimuat.
Dengan aktivitas tremor vulkanik atau letusan menerus masih berlangsung, status Gunung Sinabung hingga saat ini masih awas. Demikian informasi yang disampaikan Kepala Badan Geologi di Kementerian ESDM, Surono dalam rilisnya.
Surono menyampaikan, berdasarkan pantauan sejak Minggu pukul 18.00-24.00 WIB hingga Senin pukul 06.00 WIB, secara visual terpantau cuaca di Gunung Sinabung cerah, berawan, angin tenang. Gunung Sinabung masih tertutupi kabut dengan asap tipis tinggi 200 m.
Secara seismik terjadi 33 kali gempa guguran, 2 kali Germpa frekwensi rendah, dan 8 kali gempa vulkanik dalam dengan tremor vulkanik terus menerus. Dapat disimpulkan aktivitas vulkanik masih tinggi dan status Gunung Sinabung masih tetap Awas.
Terkait erupsi Gunung Sinabung yang masih berkelanjutan, di Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (21/9/2015) siang ini dijadwalkan akan memimpin langsung rapat terbatas (Ratas) mengenai tindak lanjut penanganan bencana erupsi Gunung Sinabung kedepannya.