Akses Jalan ke Beberapa Desa di Tanah Pinem Rusak Berat

Akses Jalan ke Beberapa Desa di Tanah Pinem Rusak Berat
Sipayo.com – Akses jalan menuju beberapa desa yang didiami warga Karo di Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi rusak parah. Kerusakan jalan ini terlihat pada jalan penghubung antara beberapa desa, seperti Desa Kutanangka, Kempawa, Lauperimbon, Kutagamber, dan Liren menuju Desa Kutabuluh. Begitupula sebaliknya jalan penghubung dari desa-desa ini menuju Tigalingga tidak kalah rusak berat.

Kerusakan jalan ini sebenarnya sudah mulai terjadi sejak pertengahan tahun 2014 yang lalu. Namun hingga saat ini belum tampak ada tanda-tanda perbaikan yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi.

Sementara itu, kerusakan paling parah terjadi terlihat pada jalan penghubung menuju Desa Kempawa dan Kutanangka. Dalam 7 bulan belakangan, jalan menuju kedua desa ini sudah tidak pernah lagi dilalui kenderaan angkutan umum. 

“Jadi ketika kami hendak keluar dari desa ini, maka sebelumnya terlebih dahulu harus keluar menggunakan kenderaan roda dua menuju desa terdekat, seperti Desa Liren atau Desa Lauperimbon,” ujar seorang warga Kutanangka menuturkan kepada Sipayo.com di Medan, Minggu (4/10/2015) kemarin.
Begini Kondisi Jalan Yang Rusak Berat Menuju Beberapa Desa di Kecamatan Tanah Pinem (Elia Pinem)
Terkait kerusakan jalan yang telah terjadi dalam kurun setahun terakhir, warga meminta agar Pemerintah Kabupaten Dairi agar segera memperbaiki kondisi jalan yang semakin memprihatinkan tersebut.
“Jalan menuju Desa Liren, Kutagamber, Kempawa, Kutanangka, Lauperimbon, dan Lausungsang bila dari Kutabuluh telah rusak berat. Mohon kepada Pemerintah Kabupaten Dairi untuk memperbaikinya. Orang tua kami yang tinggal di kampung sudah sangat kesusahan mengangkut hasil pertanian mereka,” tulis salah seorang warga Kutagamber di Facebook memohon agar kondisi jalan yang rusak parah ini agar segera diperbaiki.