Cara Membuat Kokorek, Makanan Khas Turki

Cara Membuat Kokorek, Makanan Khas Turki
Kokoretsi atau kokoreç (dalam ejaan Indonesia kerap juga disebut kokorek) adalah makanan asal Turki yang terbuat dari usus domba atau kambing yang membungkus organ dalam (organ) dan kemudian dimasuk dengan cara dibakar. Dalam pembuatan kokorek, usus yang digunakan biasanya terbuat dari usus anak domba yang masih menyusu.

Untuk bahan jeroan yang dipakai meliput hatik, jantung, ginjal, dan pankreas. Bumbu yang digunakan untuk membuat kokorek, terdiri dari paprika merah dan siraman kuah kari. Umumnya Kokoreç disajikan dengan roti dan saus kenari pedas. Hal ini akan membuat makanan ini menjadi khas Turki yang pedas.

Cara membuat kokorek
Untuk membuat kokorek, maka bahan-bahan jeroan yang telah dipersiapkan terlebih dahulu dipotong-potong, kemudian dibumbui dengan air perasan lemon, minyak zaitun, oregano, garam, dan lada. Jeroan yang sudah dipotong dan dibumbui tersebut kemudian ditusuk seperti sate menggunakan tusukan pajang.

Bagian usus yang sudah dibersihkan kemudian dililitkan menutupinya, hingga rapat dan membentuk gulungan. Gululangan kokoreç kemudian dibakar pada bara api, atau pemanggang listri atau gas. Setelah matang kemudian dipotong-potong dan disajikan dalam piring dengan taburan oregano.

Kokorek yang telah dipotong-potong kemudian disajikan dengan roti (hurriyet.com.tr)
Selain di sajikan dengan setengah roti baguette atau roti sadwich, ditambah dengan oregano dan paprika, di Turki makanan ini kerap juga disajikan dengan roti dan saus kenari yang pedas.