Jangan Sampai Festival Danau Toba Mencoreng Wajah Kabupaten Karo

Jangan Sampai Festival Danau Toba Mencoreng Wajah Kabupaten Karo
Sipayo.com – Setelah Kabupaten Samosir menolak menjadi tuan rumah Festival Danau Toba 2015 dengan alasan anggaran, kini mengemuka kabar bahwa kegiatan tersebut akan dialihkan ke Kabupaten Karo. Festival Danau Toba di wilayah Kabupaten Karo disebut-sebut pula akan diselenggarakan pada bulan November 2015 mendatang.

Menanggapi rencana dipindahkannya penyelanggaraan Festival Danau Toba dari Kabupaten Samosir ke Kabupaten Karo. Beberapa masyarakat Karo di Medan meminta Pemkab Karo agar tidak terlalu buru-buru dan gegabah dalam menerima usulan tersebut.

“Mengingat keadaan Kabupaten Karo yang sedang dilanda bencana erupsi Gunung Sinabung yang berkepanjang, ditambah lagi Kabupaten Karo akan segera menggelar Pemilihan Kepala Daerah, maka sebaiknya usulan agar daerah ini sebagai tuan rumah penyelanggaraan Festival Danau Toba 2015 dipikirkan lagi secara matang,” ujarnya.

Beberapa warga Karo di Medan yang tak mau dituliskan namanya ini pun menghimbau, agar pelaksanaan Festival Danau Toba 2015 diundurkan saja. Selain alasan bencana alam dan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Karo, mereka juga menyebut alasan lain, yakni singkatnya persiapan penyelenggaraan kegiatan yang menurut rencananya akan digelar pada bulan November 2015.

“Selain bencana alam erupsi Sinabung dan Pilkada Karo, persiapan penyelenggaraan Festival Danau Toba yang diberikan pun sangat singkat. Dengan persiapan penyelangaraan kegiatan yang minim, maka suksesnya acara Festival Danau Toba 2015 juga sangat diragukan. Ketika acara Festival Danau Toba nantinya tidak berhasil dengan baik, maka ini bisa jadi turut mencoreng dan mempermalukan wajah Kabupaten Karo,” ungkapnya.

Warga Karo ini pun sebenarnya bukan tidak mendukung digelarnya Festival Danau Toba di wilayah Kabupaten Karo. Namun demikian, kegiatannya tersebut harus dilakukan dengan perencananan dan waktu yang cukup dalam mempersiapkannya.

“Kita mendukung bila Festival Danau Toba dilaksanakan di Kabupaten Karo, tapi berilah waktu yang cukup untuk mempersiapkan kegiatan tersebut secara matang. Bila perlu beri waktu 5 tahun bagi Pemda Karo untuk mempersiapkan kegiatan Festival Danau Toba, dengan demikian maka penyelenggaraannya dapat terlaksana dengan baik,” tutupnya.