Perda RDRT Resmi Berlaku, Kota Medan Dibagi Per Zona

Perda RDRT  Resmi Berlaku, Kota Medan Dibagi Per Zona
 
Sipayo.com – Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 tahun 2015 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi Kota Medan Tahun 2015-2035 sejak hari ini, Senin (12/10/2015) resmi diberlakukan oleh Pemko Medan.
 
Perda RDRT ini mengantikan Perda Nomor 12/DPRD/1979 yang sudah berusia 36 Tahun sebagai pedoman proses dan penerbitan Surat izin mendirikan bangunan (IMB).
 
Pj. Walikota Medan, Randiman Tarigan mengatakan dengan adanya Perda baru ini mak, perda Nomor 12/DPRD/1979  yang selama ini menjadi acuan untuk menerbitkan SIMB yang diajukan oleh masyarakat otomatis beralih.
 
Menurut Randiman , sejak tahun 1979 sampai dengan tahun 2015, tidak pernah dilakukan evaluasi terhadap RSSW, sehingga proses penerbitan SIMB banyak mengalami kendala.
 
“Dengan demikian permohonan SIMB yang diajukan masyarakat dapat diterbitkan,” Ujar Randiman, di Kantor Walikota dikantornya.
 
Perda RDRT Kta Medan Nomor 2 Tahun 2015 membagi  kota medan atas Zona Lindung, Zona Budaya, zona perdagangan dan jasa, zona industri dan pergudangan dan  zona sarana pelayanan umum dan zona khusus.
 
Zona budaya dibagilagi menjadi dua sub zona yakni tas sub zona kepadatan tinggi, sub zona kepadatan sedang dan sub zona kepadatan rendah.
 
Zona perdagangan dan jasa yang terbagi atas sub zona perdagangan dan sub zona jasa komersil, zona perkantoran. Kemudian zona industri dan pergudangan yang terdiri atas sub zona industri dan sub zona pergudangan, yang terkahir zona sarana pelayanan umum dan zona khusus yang terbagi atas sub zona hankam dan sub zona khusus lainnya.