Tips Mudah Ini Membuat Anak Tumbuh Sehat

Tips Mudah Ini Membuat Anak Tumbuh Sehat
 
Sipayo.com – Salah satu kewajiban orang tua adalah membesarkan dan merawat anak agar tumbuh sehat dan cerdas, namun sering sekali orang tua merasa sulit untuk melakukannya.
 
Dikutip sipayo.com pada situs healtland, Jumat (16/10/2015), ada 10 cara mudah yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mebesarkan anak agar tumbuh sehat dan cerdas seperti yang disamapikan Alexis Tindall, ahli gizi berikut ini.
 
1. Jangan menyuruh anak menghabiskan makanan
Hal ini tentu menjadi tanda tanya bagi orang tua kenapa ? karena anak berhenti makan karena sudah kenyang atau mereka sedang tidak lapar.
 
Sebuah penelitian mengungkapkan anak yang selalu dipertinah untuk menghabiskan makanan, cenderung menyantap makan lebih banayak ketika diluar rumah. Hal ini tidak baik bukan? karena orang tua tidak bisa mengontrol apakaha makanan itu sehat atau tidak.
 
Penelitian juga mengungkapkan bahwa anak yang mengahabiskan makanan hanya 60 persen dari yang ada di piringnya masih hal yang wajar.
 
2. Jangan biarkan anak makan sambil menonton TV
Makan di depan TV membuat anak tidak fokus pada makanannya sehingga cenderung si anak makan tanpa sadar. Iklan makan yang ada di Tb juga mengoda si anak untuk menyantap makanan yang tidak sehat.
 
3. Batasi penggunaan gadget
Batasilah penggunaan gadget atau menonton tv tak lebih dari 2 jam setiap hari, karena terlalu sering berada di depan tv atau computer bisa membuat kreatifitas anak menurun. Sebagai orang tua juga hendak memberi contoh yang baik.
 
4. Buat olahraga jadi menyenangkan
ANak membutuhkan gerakan aktif sekitar 1 jam sehati, jadi untuk olahraga mereka berikan yang menyenangkan seperti berkeliling naik sepeda atau bermain bola didepan rumah. Hal ini akan dikenang oleh si anak dan menambah ikatan emosional.
 
5. Hidangkan makanan yang berbeda
Perkenalkan makanan yang beragam kepada si anak walau pilihan makanan si anak tidak banayk berubah hingga berumur 8 tahun. Jangan marah bila mereka menolak makanan yang ditawarkan, tapi tetap perkenalkan agar mereka menyukainya.
 
6. Jangan beri permen sebagai hadiah perilaku baik
Memberikan permen sebagai hadiah akan membuat cara pandang si anak baha makanan yang manis itu adalah hal yang baik. Ini tidak baik untuk si anak.
 
7. Beri camilan sehat
Biasakan memberikan  makanan sehat, seperti buah-buahan atau biji-bijian, bukan hanya mengandung gula dan tepung.
 
8. Makan bersama
Kebiasaan makan bersama seluruh keluarga merupakan kesempatan untuk memberi contoh betapa menyenangkannya mencoba berbagai jenis makanan. BIla memungkinkan ajak si anak untuk masak bersama.
 
9. Hindari peraturan “no junkfood”
Menurut teori segal yang tidak berlebihan masih baik, oleh karena itu jangan bersikap terlalu keras dalam hal makanan yang boleh disantap anak. Lebih baik mengajari mereka tentang makanan sehat.
 
10. Jadilah Contoh
Berikanlah contoh yang baik kepada si anak, ini yang terpenting. Karena orang tua merupakan panutan si anak.
 
Itulah tips mudah agar anak tumbuh dengan sehat dan cerdas, semoga bermanfaat.