Tokoh Muda Karo, Ajak Semua Pihak Untuk Peduli Anak Pengungsi Sinabung

Tokoh Muda Karo, Ajak Semua Pihak Untuk Peduli Anak Pengungsi Sinabung
 
Sipayo.com – Malam Peduli Sinabung yang mementaskan pergelaran seni kreatifitas anak pengungsi sinabung, Sabtu (24/10) mendapat banyak pujian dan apresiasi dari pengunjung. Para pengunjung sungguh merasa puas dan kagum atas semua pertunjukan yang  diadakan.
 
Tokoh muda karo, Oki TM Bangun yang hadir pada acara itu, juga tidak mampu menyembunyikan rasa kagum dan pujian atas semua pementasan dan karya anak-anak  pengungsi yang ditampilkan, yakni pameran foto, tari, music dan drama. 
 
“Luar biasa, hasil bidikan kamera mereka sudah seperti profesional, bermain musik, tari dan dramanya juga sangat mengaggumkan” Ujar Oki
 
Oki juga menyampaikan apresiasi setinggi-tinggi buat Laskar Karo Erdilo yang sudah mampu membina, mendidik dan mementaskan karya seni kreatifitas anak-anak pengungsi. Menurutnya, Kegiatan yang dilakukan oleh Laskar Karo Erdilo ini sangat patut didukung oleh semua pihak dan dicontoh oleh kaula muda karo.
 
“Laskar Karo Erdilo layak mendapat apresiasi, dan mendapat dukungan dari semua pihak, lembaga ini semua di isi orang-orang muda, jadi sangat layak jadi contoh untuk kaula muda” Ujarnya.
 
Oki menambahkan, dengan adanya kegiatan ini seakan menunjukan bahwa sebenarnya anak-anak pengungsi sinabung memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Selain itu, kegiatan yang dilakukan Laskar Erdilo ini mampu memupuk dan memperkuat mental anak-anak dalam mengadapi situasi sulit yang mereka hadapi saat ini.
 
“Kegiatan ini menunjukan bahwa anak-anak memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan, namun yang tak kalah penting kegiatan ini menumbuhkah dan memperkuat mental anak dalam pengungsian” Jelas Oki.
 
Dirinya berharap agar pemerintah dan semua pihak yang peduli dapat memberikan perhatian khusus bagi anak-anak pengungsi. Menurutnya, pemkab dan pihak-pihak yang peduli cenderung lebih memperhatikan perekonomian para pengungsi, padahal mental anak-anak pengungsi juga sangat perlu diperhatikan.
“Sejauh yang saya ketahui pemkab maupun masyarakat yang memberikan bantuan, lebih mengutamakan bidang perekonomian, tidak banyak yang memperhatikan perkembangan dan pendidikan mental anak-anak, padahal hal ini sangat penting, karena mereka adalah generasi penerus bangsa, jangan sempat mental mereka rusak gara-gara bencana yang dialami mereka ” Jelas Oki
 
Oki sangat sepakat dengan kaula muda yang tergabung dalam relawan Laskar Karo Erdilo yang fokus pada pendidikan anak-anak pengungsi, dan mengharapkan kaula muda karo lainnya seperti Ikatan mahasiswa karo juga membuat kegiatan-kegiatan serupa, mengingat masih banyak posko pengungsi yang belum ada pendampingan untuk anak.
 
“Akan sangat luar biasa bila kaum muda karo seperti mahasiswa karo juga melakukan hal serupa dengan laskar karo erdilo, karena pasti masih ada posko yang belum disentuh oleh kegiatan seperti ini” Ujar Oki
 
Oki menambahkan, pihak-pihak yang peduli juga harus mampu bersinergi dan berkolaborasi dalam memberi perhatian kepada pengungsi sinabung sesuai kemampuan masing-masing. Tidak semua mampu memberikan uang, ada pihak-pihak yang hanya mampu memberikan tenaga dan pikiran.
 
“Bila semua pihak bekerjasama dan mendukung, maka banyak hal yang dapat dibuat untuk pengungsi sinabung” Pungkas Oki.