Daftar 10 Gunung Api Paling Berbahaya di Dunia

Daftar 10 Gunung Api Paling Berbahaya di Dunia
Sipayo.com – Pakar vulkanologi dari Universitas Manchester, Prof Albert Zijlstra menyebut pendapat tentang beberapa gunung berapi paling berbahaya di dunia. Menurutnya, Gunung Suribachi di Pulau Iwo Jima, Jepang adalah sebagai gunung yang memiliki bahaya paling tinggi.

Menurut Albert Zijlstra, erupsi dahsyat dari gunung yang sudah terkenal sejak Perang Dunia II itu tinggal menunggu waktu saja. Bahkan bila erupsi Suribachi terjadi, maka diperkirakan bakal menghasilkan tsunami dahsyat dengan gelombang laut setinggi 25 meter yang dapat menghacurkan wilayah selatan Jepang serta kota-kota pesisir China, termasuk Shanghai dan Hongkong.

Menempati posisi gunung api yang dianggap paling berbahaya di dunia, Suribachi berpeluang meletus dahsyat selama kurun 100 tahun kedepan dan bisa mengakibatkan sedikitnya 1 juta orang tewas.

Selain Suribachi, gunung lain yang turut ikut dalam daftar ini adalah Gunung Campi Flegrei di dekat Napoli, Italia. Bila gunung in meletus, maka dampaknya dianggap dapat lebih dahsyat ketimbang Gunung Vesiuvius yang menghancurkan kota Pompeii 2000 tahun lalu.

Meski sangat jarang erupsi, keberadaan Gunung Campi Flegrei yang terletak sangat dekat dengan kota Napoli dengan jumlah penduduk mencapai 4,4 juta jiwa, sehingga ancaman gunung ini dianggap sangat nyata.

“Di banyak tempat di dunia, pengawasan terhadap gunung berapi sangat buruk dan banyak dari gunung berapi yang kurang dipantau itu terletak dekat dengan kawasan padat penduduk,” kata Albert Zijlstra.

Zijlstra mengungkapkan, sejak Gunung Tambora meletus pada tahun 1815, belum pernah ada erupsi dahsyat lainnya hingga saat ini. Saat Tambora meletus 200 tahun lalu, dampak erupsi gunung tersebut membuat dunia seakaan tanpa musim panas.

“Pada abad ini ada peluang salah satu erupsi akan sedahsyat Tambora,” tambah dia.

Sementara itu, sebagai salah satu negara dengan gunung berapi terbanyak di dunia, Indonesia turut ‘menyumbang’ dua gunung berapi dalam daftar ini. Kedua gunung tersebut tidak termasuk Gunung Merapi dan juga Gunung Sinabung yang masih terus erupsi hingga saat ini. Namun kedua gunung tersebut adalah Gunung Agung di Bali dan Gunung Kelud di Jawa Timur.

Berikut adalah daftar 10 gunung berapi yang dianggap paling berbahaya di dunia:

1. Gunung Suribachi, Iwo Jima, Jepang

2. Gunung Chilpete/Apoyeque, Nikaragua

3. Gunung Campi Flagrei, Italia

4. Gunung Aso, Jepang

5. Sabuk Gunung Api Trans Meksiko

6. Gunung Agung, Bali, Indonesia

7. Gunung Kamerun

8. Gunung Taal, dekat Manila, Filipina

9. Gunung Mayon, Filipina

10. Gunung Kelud, Indonesia