Najwa Shihab Dipolisikan Ternyata Hanya Rumor

Najwa Shihab Dipolisikan Ternyata Hanya Rumor
Sipayo.com – Presenter MetroTV Najwa Shibab dikabarkan tengah terancam dipolisikan lantaran dianggap turut mengungkap identitas anggota DPR yang diduga mencatut nama Presiden dan Wakil Presiden yang dilaporkan oleh Menteri ESDM Sudriman Said beberapa hari yang lalu ke MKD.

Namun hingga hari ini, Minggu (22/11/2015) isu bahwa Najwa Shihab dipolisikan ternyata isapan jempol belaka, meski di sosial media, hingga saat ini masih ada beberapa netizen yang menggap bahwa kabar tersebut benar adanya.

Sebelumnya, sebagaimana dikutip dari infomenia.net, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono pun turut angkat bicara terkait isu bahwa Najwa Shihab akan dipolisikan.

Menurut Margiono, seharusnya Najwa diberi penghargaan, bukan malah dilaporkan ke polisi. “Menurut saya nggak usah (dilaporkan ke polisi) karena tidak ada pidana yang dilanggar, tidak ada kejahatan,” ujarnya pada acara talkshow di JakTV, beberapa waktu lalu.

Margiono melihat, dalam proses wawancara Najwa tidak melakukan pelanggaran kode etik jurnalistik. “Yang dilakukan (Najwa) kerjaan jurnalistik yang menurut nilai-nilai dasar jurnalistik, dan menurut kode etik,” lanjutnya.

Menurutnya, Najwa justru melakukan kerja jurnalistik yang baik karena telah berhasil melakukan kewajibannya untuk memberikan informasi ke publik secara transparan, sehingga yang beredar di masyarakat tidak sekadar rumor.

Najwa merupakan wartawan pertama yang bisa mengungkap bahwa orang yang dilaporkan Menteri ESDM Sudirman Said ke MKD adalah Ketua DPR Setya Novanto ketika mewawancarai langsung Sudirman.

“Memperjelas persoalan, meng-clear-kan masalah yang perlu diketahui publik justru itu kewajiban pers. Rumor harus dijelaskan dengan dokumen, dengan bukti. Itu kerjaan jurnalistik yang istimewa,” tegas Margiono.

Atas dasar itu, kata Margiono, harusnya Najwa mendapat penghargaan. “Sudah pasti kalau pelanggaran kode etik tidak ada. Wartawan mewawancarai sumber yang mememiliki otoritas untuk menyampaikan itu. Justru kalau menurut kami, Najwa Shihab harus mendapat penghargaan,” jelasnya.