Nur Holisah Wasit Sepakbola Berhijab Pertama Indonesia

Nur Holisah Wasit Sepakbola Berhijab Pertama Indonesia
Sipayo.com – Nama perempuan bernama Nur Holisah, yakni seorang mahasiswi di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kini tengah menjadi perbincangan hangat di ranah sosial media. Pasalnya, gadis kelahiran Bekasi, 20 Juli 1997 ini merupakan wasit sepakbola pertama di Indonesia yang mengenakan hijab.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Sipayo.com, Nur Holisah memulai karir sebagai pemimpin pertandingan sepakbola sejak 2013. Pada awalnya, pertandingan yang dia pimpin merupakan pertandingan sepakbola non profesional antarkampung (tarkam). Namun kini, ia sudah memiliki lisensi C2 (wasit yang dapat memimpin sepakbola tingkat Propinsi).

Sebelum menekuni profesi sebagai wasit sepakbola, Nur adalah atlet atletik di Bekasi. Pada awal berencana ingin hijrah dari atlet menjadi wasit pernah pula mendapat pertanyaan dari keluarga. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab pilihannya sebagai pengadil di lapangan hijau dianggap memiliki masa depan yang suram.

Namun demikian, Nur mempunyai alasan tersendiri dalam mengambil keputusan menjadi wasit. Jarangnya kaum hawa terjun sebagai wasit, menjadi alasan bagi dirinya untuk tetap memilih profesi tersebut.

“Ya, itu, menyukai hal yang baru. Dulu berpikirnya, wasit itu kan seringnya cowok, mungkin seru kalau ada wasit cewek. Pengen bikin teroboson jadinya,” ujar Nur Holisah sebagaimana dikutip dari Dream.co.id.

Untuk mengejar cita-citanya, perempuan asal Bekasi ini pun mengaku menggunakan uang pribadinya untuk mengambil kursus kepelatihan C3. Kala itu ia harus mengeluarkan uang hingga Rp 2 juta.

Agak disayangkan memang, cita-cita Nur menjadi wasit sepakbola profesional saat ini harus tersendat akibat konflik antara Kemenpora dan PSSI. Nur yang sudah lulus lisensi C2 belum dapat meneruskan ke lisensi C1 karena PSSI sedang dibekukan Kemenpora.

“Sebelum PSSI dibekukan, total cuma 11 wasit wanita di Indonesia, tapi itu sebagian besar C2, belum C1,” jelasnya.