Pendukung ISIS di Indonesia Capai 10 Juta Jiwa

Pendukung ISIS di Indonesia Capai 10 Juta Jiwa
Sipayo.com – Dari data survei yang baru-baru ini dilakukan The Pew Research Center terkait sikap masyarakat global terhadap keberadaan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) terungkap, sebagian besar warga di sejumlah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam tidak mendukung gerakan tersebut.

Adapun negara terbanyak mendukung ISIS adalah warga Nigeria. Meski konflik dengan kelompok Boko Haram, yang memiliki keterkaitan dengan ISIS. Namun menurut suvei tersebut, sekitar 14 persen warga Nigeria memiliki pandangan positif terhadap ISIS.

Ketika penduduk Nigeria saat ini berjumlah sekitar 182 juta, maka sedikitnya 24 juta orang di negara tersebut mendukung atau setidaknya bersimpati terhadap ISIS.

Sementara itu, Malaysia dan Senegal menjadi negara kedua yang banyak mendukung ISIS. Masing-masing warga di kedua negara tersebut mendapatkan dukung 11 persen terhadap ISIS.

Bagaimana dengan Indonesia? Menurut survei tersebut, hanya sekitar 4 persen warga Indonesia yang mendukung kelompok pimpinan Abu Bakr al-Baghdadi ini.

Namun demikian, angka ini tidak dapat dianggap kecil. Bila penduduk Indonesia yang saat ini disebut telah mencapai 255 juta orang, maka warga yang bersimpati pada ISIS tak jurang dari 10 juta jiwa.