Ruben Tarigan Emban Tugas Ketua DPRD Sumut

Ruben Tarigan Emban Tugas Ketua DPRD Sumut
Sipayo.com – Setelah ditetapkannya Ketua DPRD Sumut, Ajib Shah sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap interpelasi dan pengesahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Sumut oleh KPK beberapa waktu lalu, untuk sementara, kini tugas Ketua DPRD Sumut diembat Ruben Tarigan selaku Wakil Ketua.

Dengan ditunjuknya Ruben Tarigan sebagai pelaksana tugas Ketua DPRD Sumut, membuat kegiatan di DPRD pun berjalan sebagaimana biasa. Meski ada penetapan tersangka oleh KPK, Wakil Ketua DPRD Sumut, Ruben Tarigan menyebutkan dirinya berusaha memastikan kegiatan legislatif tetap berjalan.

“Ketua DPRD Sumut, Pak Ajib Shah sampai kemarin belum masuk karena sejak Selasa (3/11/2015) ada tugas ke Jakarta. Saya ditugaskan sebagai pelaksana ketua sesuai surat tugas yang diberikan kepada saya sejak hari itu sampai beliau masuk kembali ke DPRD Sumut. Kita tidak tahu kapan beliau kembali,” katanya.

Ruben meyakini kinerja DPRD Sumut tidak terganggu pasca ditetapkannya sejumlah legislator sebagai tersangka oleh KPK, termasuk Ketua DPRD Sumut saat ini. Sebab, menurut dia, seluruh kegiatan dan agenda kerja mereka sudah sistematis dan terjadwal .

“Pembahasan P-APBD 2015 maupun R-APBD 2016 tetap bisa dilakukan. Karena secara lembaga, tugas dan fungsi pimpinan dewan tidak bergantung pada satu orang. Sehingga dalam memimpin rapat seperti pembahasan anggaran, dilaksanakan secara kolektif kolegial,” ujarnya.

Sebagai rekan sesama anggota Dewan, Ruben berharap penetapan status tersangka Ajib tak terlalu lama. Harus ada limit waktu yang jelas agar tidak mengganggu yang bersangkutan secara psikologis.

“Kalau sampai tenggat waktu yang ditentukan, tidak ditemukan bukti-bukti kuat, KPK harus menerbitkan surat penghentian penyidikan perkara,” pungkasnya.