Sinkhole Kembali Muncul Di Samping Gereja GBKP Kutanangka

Sinkhole Kembali Muncul Di Samping Gereja GBKP Kutanangka
Sipayo.com – Sinkhole atau lubang besar yang muncul secara tiba-tiba di Desa Kutanangka, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi telah mengakibatkan sebuah bangunan Gereja GBKP oleng. Munculnya lubang besar tersebut tepat berada disamping Gereja yang baru selesai dibangun pada tahun 2014 lalu.

Sebelumnya, sinkhole itu juga telah muncul pada akhir 2014 lalu. Saat itu pihak BPBD Kabupaten Dairi telah terjun meninjau lokasi. Berselang beberapa saat, sebuah alat berat diterjunkan untuk menutupi lubang yang saat itu berukuran 2 meter dengan kedalaman 6 meter.

Berselang 10 bulan kemudian, tepatnya pada pertengahan bulan Oktober 2015, sinkhole kembali muncul tepat disamping Gereja tidak jauh dari lubang yang semula pernah muncul. Dalam dua minggu belakangan, lubang yang muncul kian bertambah lebar, sehingga mengakibatkan keberadaan Gereja kini telah oleng tepatnya pada bagian belakang.

Sinnkhole juga Pernah Muncul di Samping Gereja GBKP Kutanangka Akhir Tahun 2014

Nampati Ginting selaku Ketua Pembangunan Gereja GBKP di Desa Kutanangka ketika diwawancarai Sipayo.com melalui telepon seluler membenarkan bahwa sinkhole telah mengakibatkan keberadaan gereja tersebut oleng.

“Bangunan Gereja GBKP ini sudah tidak bisa dipakai lagi untuk beribadah karena keberadaanya sudah oleng akibat lubang besar yang muncul di sampingnya. Kami berharap semoga keberadaan gereja dapat segera dipindahkan ketempat lain agar kondisinya tidak semakin parah. Dengan demikian kegiatan ibadah juga dapat kembali dilakukan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Ginting juga berharap pihak Pemerintah Kabupaten Dairi dapat segera kembali terjun meninjau lubang yang kian membesar dari hari ke hari.

“Dalam rangka pemindahan gereja ini nantinya, kami sangat berharap uluran tangan dari para dermawan. Selebihnya kami juga meminta pemerintah terkait, khususnya BPBD Kabupaten Dairi agar segera meninjau lokasi. Dengan kehadiran mereka, semoga kondisi lubang yang kian membesar dapat segera ditanggulangi,” harapnya.

Seperti diketahui, sinkhole merupakan lubang runtuhan yang muncul secara tiba-tiba akibat hilangnya lapisan tanah atau bantalan batuan yang umumnya terjadi akibat aliran air di bawah tanah. Lubang runtuhan umumnya memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari satu meter hingga raturan meter dengan kedalaman yang juga bervariasi.