Video Resep Kentang Goreng ala McDonald’s

Video Resep Kentang Goreng ala McDonald’s

Sipayo.com – Bagi Anda yang selama ini kerap mendambakan kentang goreng yang renyah dan lezat sebagai mana halnya yang kerap ditemukan di gerai McDonald’s, maka Anda pun sebenarnya bisa membuatnya sendiri di rumah.

Dengan menerapkan rahasia kerenyahan kentang goreng yang terletak pada proses persiapan sebelum digoreng, maka Anda akan dapat membuat kentang goreng sendiri yang tidak akan kalah gurih ala McDonald’s. Bagaimana langkah-langkah persiapan membuat kentang goreng renyah? Berikut adalah tipsnya:

1. Bahan Kentang yang Segar
Kentang goreng lezat sebagaimana yang kerap Anda nikmati di gerai McDonald’s merupakan kentang goreng yang terbuat dari bahan dasar kentang segar. Jadi untuk memulai membuat kentang goreng, maka bahannya harus dipastikan merupakan dari bahan segar. Pastikan pula mencuci bersih kentang, sebelum di kupas kulitnya.

2. Memotong Kentang Dalam Ukuran yang Sama
Bila Anda belum mahir memotong kentang dalam ukuran yang sama, maka pastikan gunakan alat potong khusus untuk menghasilkan kentang dengan potongan diameter yang konsisten dan seragam. Meski ketebalan seragam, tetapi panjangnya dapat bervariasi ketika menggunakan alat. Ketebalan kentang yang hendak digoreng sebaiknya 1/4 inci untuk mendapatkan hasil gorengan yang berwarna cokelat keemasan, serta memiliki tekstur renyah sempurna.

3. Persiapkan Wadah Berisi Air yang Dicampur Cuka
Ketika sedang memotong kentang, letakkanlah kentang yang baru dipotong di dalam sebuah wadah yang berisi air dingin yang dicampur dengan cuka. Setelah selesai selesai memotong semua kentang, tiriskan dan bila kentang tersebut dengan air, kemudian letakkan di dalam wadah yang berisi air dan cuka, biarkan semalaman. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan getah kentang yang didapat dari ekstra pati sehingga hasil gorengan akan semakin renyah.

4. Bahan Rahasia
Meski kita tidak mengetahui secara persis bumbu yang digunakan dalam resep kentang goreng ala McDonald’s, namun trik khusus ini dapat menjadikan kentang akan terasa lezat. Kentang goreng harus di-blanched terlebih dahulu untuk menghilangkan kelebihan gula dan menghentikan aktivitas enzim. Prosesnya yaitu keringkan kentang terlebih dahulu, kemudian masukkan ke dalam larutan dekstrosa (larutan campuran gula dan air) yang dipanaskan pada suhu 82 derajat Celsius selama beberapa menit, kemudian masukkan ke dalam wadah yang berisi campuran air, cuka, dan jeruk nipis untuk mencegah warna kentang menjadi abu-abu. Untuk mempercepat pengeringan sebelum di-blanching, letakkan kentang di dalam oven pada suhu 50 derajat celsius selama lima menit.

5. Goreng Kentang
Setelah proses awal hingga bagian keempat dilakukan secara bertahap, maka proses selanutnya adalah menggoreng kentang. Dalam hal ini jangan berpikir untuk menghemat pengeluaran dan mengurangi kegagalan Anda mencoba mengabaikan tahap penggorengan, namun justru memanggangnya kentang ke dalam oven. Memanggang kentang bukanlah cara yang baik, jika tidak memiliki penggorengan sebaiknya buat kentang tumbuk saja. Yang namanya kentang goreng ya harus digoreng. Anda membutuhkan banyak minyak untuk menggoreng kentang. Untuk mendapatkan rasa kentang goreng yang lezat, cobalah menggunakan minyak kacang yang memiliki titik pembakaran tinggi .

6. Blanching
Metode blanching selalu digunakan McDonald’s  karena jika kentang digoreng dalam keadaan mentah, teksturnya tidak akan renyah. Proses ini yaitu menggoreng kentang selama 45 sampai 60 detik pada suhu 190 derajat  Celsius. Setelah pra-goreng , kentang goreng ditiriskan di atas sutil berlubang, lalu goyang agak kuat untuk menghilangkan kelebihan minyak.

7. Bekukan Kentang
Hampir semua kentang goreng McDonald’s juga mengalami pembekuan karena merupakan cara paling aman untuk menyalurkan kentang goreng mentah dari pemasok ke outlet-outlet McDonald’s. Pembekuan juga merupakan tahapan penting dalam membuat kentang goreng renyah. Untuk membekukannya, letakkan di atas loyang tanpa menumpuk-numpuk kentang lalu masukkan ke dalam freezer minimal empat jam.

8. Tahapan Penggorengan
Setelah kentang didinginkan, kentang siap untuk benar-benar digoreng. Mulailah menggoreng kentang pada suhu 135 derajat Celsius sebagai pra-penggorengan dan lanjutkan pada suhu 190 derajat Celsius selama sekitar lima menit sampai renyah atau coklat keemasan. Untuk membumbuinya, gunakan 1 sdm garam halus untuk setiap 2 cangkir kentang goreng

Setelah membaca tahapan demi tahapan cara membuat kentang goreng renyah ala McDonald’s, maka berikut Anda juga dapat menonton video resep kentang goreng ala McDonald’s yang bersumber dari situs berbagi video Youtube. Selamat menyaksikan: