Anggota Dewan Galang #SAVEDPR Tuntut Setya Novanto Mundur

Anggota Dewan Galang #SAVEDPR Tuntut Setya Novanto Mundur
Sipayo.com – Sebanyak 30 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari lintas fraksi menggalang aksi #SaveDPR sebagai upaya protes terhadap kinerja Mahkamah Kehormatan Dewsan (MKD) dan sikap Ketua DPR Setya Novanto yang diduga terlibat dalam skandal perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia.

“Pendapat publik terkait kasus ini benar-benar membuat DPR semakin terpuruk. DPR menjadi lembaga yang tidak bisa diharapkan lagi, menjadi tidak dipercaya rakyat,” kata anggota Fraksi Nasdem Komarudin Watubun yang menjadi inisiator gerakan #SaveDPR di Komples Parlemen, Selasa (15/12/2015).

Dengan dasar tersebut, gerakan #SaveDPR mengajukan dua pernyataan sikap, yaitu meminta Ketua DPR Setya Novanto untuk mengundurkan diri dan memberi dukungan pada para anggota MKD untuk bersama-sama menyelamatkan wajah DPR untuk mengambil keputusan yang tepat dalam upaya menegakkan kode etik DPR RI.

Petisi #SAVEDPR turut ditandatangani oleh anggota DPR RI lintas fraksi diantaranya TB Hasanuddin, Charles Honoris, Diah Pitaloka, Nico Siahaan, (PDI-P), Teguh Juwarno, Primus Yustisio, Lucky Hakim (PAN), Taufiqulhadi, Syarif Abdullah Alkadrie, Kurtubi, Akbar Faizal (Nasdem), Inaz Nasrullah Zubir (Hanura), Dave Laksono (Golkar), Ruhut Sitompul (Demokrat), dan Wihadi (Gerindra).

Selain membuat aksi #SAVEDPR, para penandatangan pernyataan sikap itu juga turut memasangkan pita hitam di lengan kiri berwarna hitam dengan tulisan #SaveDPR.