10 Artis India Terkaya Tahun 2015 versi Majalah Forbes

10 Artis India Terkaya Tahun 2015 versi Majalah Forbes
Sipayo.com – Forbes India kembali merilis daftar 100 artis paling kaya di India. Dari daftar selebritis terkaya dari Bollywood, terdapat sepuluh nama artis yang paling kaya. Siapa sajakah mereka?

Dari daftar paling teratas terdapat nama Shahrukh Khan, dimana dirinya tahun ini berhasil mengalahkan Salman Khan yang tahun lalu didaulat menempati urutan pertama. Selain kedua aktor Bollywood ini, berikut daftar 10 artis India terkaya tahun 2015 versi Majalah Forbes selengkapnya:

1. Shahrukh Khan
Di tahun 2015, Shahrukh Khan berhasil membukukan pemasukan sebesar Rs 257,5 crore atau sekitar Rp 515 miliar. Jumlah tersebut merupakan pemasukan selebritis terbesar di India sepanjang empat tahun belakangan yang dicatat di database Forbes.

Dengan paduan ketenaran dan jumlah pendapatan yang dihasilkan oleh Shahrukh Khan tahun ini, sehingga dirinya dinobatkan sebagai artis paling kaya di India tahun 2015. Ia mengalahkan Salan Khan dan Amitabh Bachchan yang di tahun-tahun sebelumnya juga pernah menduduki posisi tersebut.

Secara total kekayakaan Shahrukh Khan mencapai 9 persen dari pendapatan gabungan 100 orang artis India. Total tahun ini artis India secara keseluruhan memperoleh sekitar Rs 2.819 crore atau sekitar Rp 5,8 triliun.

2. Salman Khan

Pada posisi kedua ada nama Salman Khan yang didaulat sebagai artis paling kaya di India. Tahun ini Salman sukses membukukan pemasukan sebesar Rs 202,7 atau sekitar Rp 405 miliar.

Dengan penggabungan beberapa besar tingkat ketenarannya di India serta beberapa aspek lain, Salman harus rela mengaku kalah dari Shahrukh Khan yang menjadi selebritis paling kaya di India tahun ini.

Sepanjang tahun 2015, Salman telah sukses membukukan dua film hits sekaligus, diantaranya film Bajrangi Bhaijaan dan Prem Ratan Dhan Payo yang keduanya masing-masing memberikan pemasukan luar biasa kepada Salman Khan.

3. Amithabh Bachchan
Sebelumnya, aktor senior ini juga pernah menempati posisi pertama sebagai artis terkaya di India. Untuk tahun 2015, Amithabach Bachchan harus rela di posisi ketiga sebagai artis terkaya di India dengan jumlah pendapatan berkisar di angka Rs 112 crore atau sekitar Rp 224 miliar. Jumlah pendapatan Amitabh memang tidak sebesar Mahendra Singh Dhoni, tapi secara ketenaran ia mengalahkan sang pemain kriket.

4. Mahendra Singh Dhoni
Mahendra Singh Dhoni untuk tahun 2015 menempati posisi artis India paling terkaya nomor 4 dengan pendapatan sebesar Rs 119 crore atau sekitar Rp 239 miliar.

Dari total pemasukan, Mahendra Singh Dhoni memang mampu mengalahkan Amitabh Bachchan. Namun secara popularitas, Mahendra kalah jauh dari Big B yang jadi seleb nomor 1 paling populer di India. Hal ini juga turut mempengaruhi posisi Mahendra harus berada pada posisi 4 sebagai artis terkaya di India.

5. Aamir Khan

Tahun ini merupakan pencapaian tertinggi yang diraih Aamir Khan dalam daftar artis terkaya di India. Sebelumnya, Aamir tidak pernah menduduki posisi lima besar sebagai artis terkaya. Sepanjang tahun 2015, ia sukses membukukan pemasukan sebesar Rs 104 crore atau sekitar Rp 208 miliar.

Sebagian dari sumber pendapatan Aamir Khan diperoleh dari kesuksesan film PK yang tidak hanya laris di India, namun juga di luar negeri. Meski film ini sudah beberapa waktu berlalu, namun pundi-pundi uang masih tetap mengalir ke kantong ayah tiga anak tersebut.

6. Akshay Kumar
Secara total jumlah yang berhasil diraih, Akshay Kumar memiliki uang yang lebih banyak dari Aamir Khan. Sepanjang tahun 2015, Akshay sukses mendapatkan pemasukan sebesar Rs 127 crore atau sekitar Rp 254 miliar.

Meski pendapatannya lebih tinggi dari Aamir Khan, namun secara popularitas, Aamir memiliki tingkat ketenaran yang lebih tinggi dari Akshay. Hal ini turut membuat Aamir ada diperingkat ke-5, sementara Akshay harus rela duduk pada posisi ke-6.

7. Virat Kohli
Virat Kohli juga harus rela berada posisi 7 sebagai artis terkaya di India pada tahun 2015 lantaran tingkat popularitasnya dianggap tidak lebih bagus dari selebritis yang menempati posisi kelima dan keenam, sementara dari hasil pendapatan Virat berhasil mebukukan total sebesar Rs 104 crore atau sekitar Rp 208 miliar. Namun karena ia kalah tenar dari Aamir dan Akshay Kumar, maka Virat harus puas duduk di peringkat ke-7.

8. Sachin Tendulkar
Sachin Tendulkar dinoatkan sebagai selebritis paling kaya pada peringkat ke-8 di India untuk tahun 2015 dengan total pendapatan sekitar Rs 40 crore atau sekitar Rp 80 miliar sepanjang tahun ini. Meski jumlah uangnya tak sebanyak Deepika Padukone atau Hrithik Roshan, namun secara popularitas Sachin lebih baik daripada kedua bintang film itu.

Kini, Sachim merupakan salah satu seleb paling tenar nomor tiga di India. Popularitasnya berada dibawah Amitabh Bachchan dan Salman Khan, dan mengungguli Shahrukh Khan yang ada di posisi ke-4.

Dengan akumulasi perhitungan yang demikian, Sachin masuk dalam daftar 10 besar seleb paling kaya di India. Dan peringkatnya mengalahkan Hrithik dan Deepika.

9. Deepika Padukone
Deepika Padukone menjadi satu-satunya artis perempuan yang menempati posisi 10 besar selebritis paling kaya di India di tahun 2015. Tahun ini ia berhasil membukukan pendapatan sebesar Rs 59 crore atau sekitar Rp 118 miliar. Meski jumlah uangnya lebih banyak daripada Sachin Tendulkar, namun secara popularitas Deepika masih kalah dari bintang kriket tersebut.

10. Hrithik Roshan
Hrithik Roshan berhasil menduduki peringkat ke-10 dalam daftar seratus orang paling kaya di India di tahun 2015. Sepanjang tahun total pemasukan yang berhasil ia raih adalah sebesar Rs 74 crore atau sekitar Rp 148 miliar. Meski secara uang Hrithik memiliki jumlah yang lebih banyak dari Deepika. Tapi secara popularitas, ia kalah dari aktris cantik itu. Bahkan masih kalah dari bintang kriket, Sachin Tendulkar.