Begini Cara Drawing Piala Eropa 2016

Begini Cara Drawing Piala Eropa 2016
 
Sipayo.com – Piala Eropa 2016 kembali akan digelar, Perancis mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah. Malam ini, di Kota Paris Panitia akan mengadakan undian (drawing) untuk membagai 24 tim peserta dalam grup penyisihan.
 
Acara akan dipandu oleh mantan bintang Belanda, Ruud Gullit, dan Bixente Lizarazu (Prancis). UEFA sudah membuat tata cara pengundian agar pembagian tim peserta dapat berjalan dengan baik.
Begini tata cara atau mekanisme drawing Piala Eropa 2016:
 
23 Timyang lolos pada kualifikasi dibagi dalam empat pot yang berbeda sesuai dengan nilai koefisien mereka di UEFA.
 
Spanyol sebagai juara bertahan otomatis pada pot 1 sebagai unggulan pertama. Sementara Perancis sebagai tuan rumah otomatis ditempatkan pada grup A, tanpa dimasukan ke dalam pot.
 
Pot 1 Hanya berisi 5 tim, sedangkan 2,3, dan 4 berisi 6 tim.Total 24 Tim akan dibagi dalam 6 Grup A-F yang berisikan masing-masing 4 tim.
 
Unidian dimulai dari pot 1, satu bola diambil kemudian dimasukan ke Grup B, pada posisi B1, demikian seterusnya hingga bola di Pot 1 habis dan mengisi semua posisi C1, D1, E1 dan F1.
 
Setelah itu, gilaran tim yanga berada di pot 4 akan diambil satu persatu kemudian dimasukan ke grup A2 hinggg F2. Selanjutnya Pot 3 dan Pot 2 dengan cara yang sama.
 
Dua tim teratas (Juara dan Runner Up) disetiap grup dan 4 peringkat ketiga terbaik grup akan lolos ke perdelapan final. Piala Eropa sendiri akan dibuka pada 10 Juni 2016 di Stade de France, Saint-Denis, Perancis.