Ini Jawaban Ridwan Kamil Saat Dikritik Kunjungi Gereja pada Malam Natal

Ini Jawaban Ridwan Kamil Saat Dikritik Kunjungi Gereja pada Malam Natal
Sipayo.com – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendapatkan kritikan oleh seorang netizen dengan nama akun Facebook PuputTyy, ketika melakukan kunjungan ke berbagai Gereja di Bandung saat malam Natal 2015.

Dalam kritikannya, PuputTyy menginginkan agar Ridwan Kamil mencontoh tokoh yang disukainnya, yakni Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang dikenal sebagai seorang muslim garis keras dan kerap dituding akan memberlakukan syariat Islam di Turki, sementara Turki merupakan negara yang menganut paham sekularisme. Meski perayaan Natal tidak dilarang di Turki, namun Erdogan tak menggubris undangan-undangan natal yang disampaikan oleh warga masyarakat negara tersebut.

Lebih lanjut, dalam kritikannya tersebut PuputTyy kecewa karena Ridwan Kamil malah melaukan kunjungan ke gereja-gereja dan mengucapkan selamat Natal pada umat Kristiani.

“Semoga Pak Wali bisa kaya Erdogan Nganjinya pinter, membela Islam. Toleransi boleh, jangan ikut-ikutan masuk gereja lah pak,” demikian PuputTyy menuliskan kritikannya.

Diluar dugaan, Ridwan Kamil ternyata membalas postingan tersebut. Jawabannya yang sangat cerdas bakal bikin banyak orang yang intoleransi jadi malu, termasuk PuputTyy.

“Puput sayang, saya tidak mau kayak erdogan, saya mau jadi diri saya sendiri. Kalo saya seorang warga biasa, dalil tidak boleh itu bisa dipahami. Saya ini pemimpin semua umat beragama. Ada kewajiban melindungi. surga nerakannya pemimpin ada pada adil tidaknya keputusan untuk umatnya. Saya sdh disumpah untuk adil pada SEMUA warga Bandung. Kamu tau dari mana, bisa mengukur kadar akidah saya? Kamu Tuhan? Kenapa juga kamu masih haha hihi pake facebook/IG punya Yahudi? NKRI juga sudah memutuskan falsafahnya dengan Pancasila bukan dengan piagam Jakarta. hatur nuhun,” tulis Ridwan Kamil.