Mengenal Sosok Prof. Dr. Ir. Kelin Tarigan, MS

Mengenal Sosok Prof. Dr. Ir. Kelin Tarigan, MS
Sipayo.com – Prof. Dr. Ir. Kelin Tarigan, MS adalah salah satu guru besar di Universitas Sumatera Utara (USU), Fakultas Pertanian, Jurusan Agribisnis yang telah aktif mengajar sejak 1972-2011. Sosok putra dari Taneh Karo Simalem ini lahir di Desa Sinaman, Kecamatan Barus Jahe.

Menikah dengan istri bernama Liberty Br Gurusinga dan dikaruniai seorang putri dan dua orang putra. Beliau seangkatan dengan Prof. Tonel Barus dan juga pernah bertugas di BAPPEDA Sumatera Utara sejak tahun 1982 hingga tahun 1986.

Anak tertua bernama Ir. Ruth Riah Ate Br Tarigan merupakan seorang dosen di PTS dan sedang mengambil program S3 di USU yang mendapat beasiswa dari DIKTI. Anak kedua bernama Shet Rezeki Tarigan mengabdikan diri dibidang pertaninan dan perternakan di Desa Kloni, Kabupaten Deliserdang, sedangkan anak yang ketiga, yaitu Pdt Jesaya Tarigan STh memilih menjadi pelayan umat di Rantau Parapat.

Sepanjang karirnya sebagai tokoh pendidikan di Sumatera Utara, Prof. Dr. Ir. Kelin Tarigan, MS telah banyak memperoleh piagam penghargaan, salah satunya dari Australia, yakni BENNY AWARDS pada tahun 1987.

Prof. Dr. Ir. Kelin Tarigan, MS merupakan sosok sederhana dalam kehidupan sehari-harinya. Moto hidupnya adalah “Jadi kai pe kam pagi anakku, ula kal bahandu kalak ndarat iluh megersing”.

Di masa pensiunnya, Prof. Dr. Ir. Kelin Tarigan, MS memiliki keinginan meningkatkan hasil pertanian para petani dan mengundang orang-orang yang ingin menambah wawasan di bidang pertaninan dan perternakan. Saat ini, Prof. Tarigan beralamat di Jl. Flora 2 No.5, Kompleks Pemda, Selayang, Medan.