Pilkada Simalungun dan Siantar Ditunda

Pilkada Simalungun dan Siantar Ditunda
Sipayo.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Simalungun dan Kota Pematang Siantar ditunda. Penundaan Pilkada di kedua daerah tersebut telah disampaikan oleh Komisioner KPU Sumatera Utara Yulhasni.

Penundaan Pilkada Simalungun dan Kota Siantar ditunda oleh KPU Sumut berdasarkan komunikasi dengan KPU RI. Penundaan pilkada terkait permasalahan gugatan hukum oleh pasangan calon di kedua daerah tersebut.

“Kita sudah ditelepon KPU RI untuk menunggu surat penundaan Pilkada di Siantar dan Simalungun,” ujar Yulhasni kepada wartawan, Selasa (8/12/2015) malam.

Meski demikian, Yulhasni mengaku belum mengetahui sampai kapan penundaan pilkada di kedua daerah tersebut.

“Sampai kapan kita belum tahu pasti. Sebab belum mendapatkan surat resminya. Tapi sudah dipastikan untuk Siantar dan Simalungun besok (9 Desember 2015) tidak akan dilaksanakan pemungutan suara. Kita dari KPU Sumut juga sudah berkomunikasi dengan KPU Simalungun,” terangnya.

Selain telah berkomunikasi langsung dari KPU Ri, Komisioner KPU Sumut juga mengaku telah membaca pernyataan KPU RI melalui media online nasional.

“Di Kompas dan media online lain sudah ada pernyataan dari KPU RI. Jadi kami masih menunggu surat resminya,” katanya.

Mengenai penyaluran logistik yang sudah terlanjut didistribusikan ke TPS-TPS, menurut Komisioner KPU akan segera dikoordinasikan jika telah mendapatkan surat penundaan pilkada dari KPU Pusat.

“Soal-soal lain tentang penyaluran logistik yang sudah terlanjur ke TPS-TPS akan segera kami koordinasikan jika sudah jelas suratnya. Karena kami pun masih meraba-meraba ini. Belum terima surat putusan KPU RI,” demikian Yulhasni menambahkan.