Setya Novanto Resmi Mundur Sebagai Ketua DPR

Setya Novanto Resmi Mundur Sebagai Ketua DPR
Sipayo.com – Setya Novanto akhirnya resmi menyatakan diri mundur dari jabatannya sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pengunduran diri Novanto tersebut disampaikan melalui surat yang disampaikan kepada Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), Rabu (16/12/2015) malam.

Pengunduran diri Setya Novanto terkait dengan kasus dugaan pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam rangka untuk mendapatkan keuntungan saham dari PT Freeport Indonesia.

Terkait mundurnya Novanto sebagai Ketua DPR langsung disambut baik oleh Ketua MKD, Surahman Hidayat. “Alhamdulillah, sidang berakhir happy ending,” ujar Surahman saat menutup sidang di Jakarta, (Rabu 16/12/2015).

Berikut isi surat mundur Novanto dari kursi Ketua DPR.

Perihal: Pernyataan Pengunduran Diri Sebagai Ketua DPR RI

Jakarta, 16 Desember 2015

Kepada,
Yth, Pimpinan DPR Risa
Di
Jakarta

Sehubungan perkembangan penanganan pengaduan dugaan pelanggaran etika yang sedng berlangsung di Mahkamah Kehormatan DPR RI, maka untuk menjaga harkat dan martabat, serta kehormatan lembaga DPR RI serta demi menciptakan ketenangan masyarakat, dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua DPR RI periode keanggotaan 2014-2019.

Demikian pernyataan pengunduran diri ini saya buat dengan tulus. Semoga bermanfaat bagi kepentingan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia.

Hormat Saya,

Drs. Setya Novanto, Akt.
Nomor Anggota 300

Tembusan: Pimpinan Mahkamah Kehormatan DPR RI.