Profil AKBP Untung Sangaji, Polisi Ganteng dan Pemberani

Profil AKBP Untung Sangaji, Polisi Ganteng dan Pemberani
Sipayo.com – Nama AKBP Untung Sangaji kini tengah menjadi perbincangan netizen Indonesia. Hal ini terkait dengan aksi heroiknya menumpas pelaku teror yang terjadi di Kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016) lalu.

Selain AKBP Untung Sangaji, nama perwira polisi lainnya yang turut mengemuka pasca aksi teror di Kawasan Sarinah adalah Teuku Arsya Khadafi. Video dan foto kedua polisi ini banyak beredar di media sosial yang tampak gagah berani berlari tanpa takut ketika menumpas para pelaku teror.

Terkait kekaguman netizen terkait kedua perwira polisi ini, hastag #KamiNaksir juga sempat mengemuka di Twitter. Hastag tersebut ditujukan kepada para polisi yang dianggap memiliki wajah yang ganteng, sekaligus sebagai pahlawan saat beraksi menumpas para teroris di Sarinah.

Profil AKBP Untung Sangaji

Lalu siapakah sebenarnya sosok AKBP Untung Sangaji? Dari berbagai sumber informasi yang berhasil ditelusuri Sipayo.com, diketahui profil singkat perwira polisi ini. Ia bernama lengkap AKBP Ir. Achmad Untung Sangaji, sebelumnya pernah bertugas di Satgas Bom (sebelum Densus 88), saat itu dia menjabat sebagai Perwira Menengah (Pamen) Pusdik Polair. Selain itu, Untung Sangaji juga pernah tercatat sebagai anggota Bareskrim Polri.

Diluar profesinya sebagai anggota aktif Polri, AKBP Untung Sangaji juga ternyata memiliki hobi menulis melalui media blog. Berbagai kegiatannya saat bertugas menjadi anggota Polri kerap pula dia posting di blog pribadinya yang beralama di http://gfghgfjh.blogspot.com.

Blog tersebut memiliki titel Ir. Untung Sangaji, ketika dilihat lebih jauh keberadaan blog tersebut telah dibuat sejak tahun 2013, serta tercatat terdapat 13 postingan selama tahun 2013.

Memang dari seluruh isi blog, terlihat tidak terlalu banyak kata-kata yang ditulis. Namun ia hanya terlihat memposting gambar-gambar saat dirinya tengah berlatih.

Sebagaimana diketahui, saat kejadian Bom Sarinah, AKBP Untung Sangaji diketahui tengah ‘ngopi’ sambil tugas di jalur Presiden lalu lalang pulang, tepatnya di sisi kiri gedung Sarinah. Disana Untung Sangaji tampak bersama beberapa rekannya yang juga merupakan anggota polisi, dan salah satunya adalah Komisiaris Besar Polisi Urip Widodo.

Saat itu, AKBP Untung langsung bergerak menuju lokasi kejadian setelah mendengar sebuah ledakan di Pos lantas, dan disana ia telah melihat seorang anggota tergeletak.

Dengan sigap AKBP Untung Sangaji kemudian melingkari arah ke sisi kiri pos. Dari sana ia kemudian menembak pelaku yang tengah membawa sejanta dan bom. Pelaku teror akhirnya berhasil dilumpuhkan, kini AKBP Untung Sangaji pun banyak mendapatkan apresiasi dari masyarakat sebagai pahlawan sekaligus sebagai polisi berwajah ganteng.