Profil Runtung Sitepu Rektor USU Terpilih Periode 2016-2021

Profil Runtung Sitepu Rektor USU Terpilih Periode 2016-2021
Sipayo.com – Melalui hasil rapat Majelis Wali Amanat Universitas Sumatera Utara (USU) bersama Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan (Ristek Dikti), Kamis (21/1/2016) akhirnya menetapkan Prof.Dr Runtung Sitepu SH, M.Hum sebagai Rektor USU untuk masa periode 2016-2021.

Melalui rapat tersebut, Runtung Sitepu berhasil meraih 62,38 persen suara, unggul telak dari dua pesaingnya, yakni Prof Zulkifli Nasution (27,36 persen) dan Prof Subhilhar (10,26 persen). (Baca: Prof Runtung Sitepu Terpilih Jadi Rektor USU)

Siapa sebenarnya sosok pemimpin terpilih di Universitas Sumatera Utara ini? Berikut ini adalah profil singkat Prof.Dr Runtung Sitepu SH, M.Hum sebagaimana dikutip Sipayo.com dari berbagai sumber.

Prof.Dr Runtung Sitepu SH, M.Hum lahir di Langkat, 10 November 1956 dan saat ini tengah menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum USU sejak tahun 2005.

Ia menyelesaikan gelar S-1 hingga S-3 di USU, sekaligus mendapatkan gelar guru besar di USU. Selain menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum USu, Runtung Sitepu juga tercatat sebagai Ketua Badan Kerja Sama Dekan Fakultas Hukum Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Selain itu, pria berdarah Suku Karo ini juga tercatat sebagai Wakil Asosiasi Profeco Indonesia yang kerap diundang sebagai narasumber dan pembicara diberbagai seminar tingkat nasional. Dirinya memiliki motto mendengar dan bekerja.

Aktif diberbagai organisasi kampus, ternyata tidak membuat Runtung Sitepu lupa dengan jatidirinya sebagai orang Karo. Sebagai buktinya di organisasi Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI), Profesor dengan bidang keahlian Hukum Adat ini juga tercatat sebagai Ketua Penasehat DPD HMKI Sumut.