Warga Karo Dukung Runtung Sitepu jadi Rektor USU

Warga Karo Dukung Runtung Sitepu jadi Rektor USU
Sipayo.com – Masyarakat Karo sangat menyambut gembira terpilihnya Prof Dr Runtung Sitepu sebagai calon Rektor USU dengan perolehan suara terbanyak di tingkat Senat Akademik, Selasa (19/1/2015) kemarin.

“Ini adalah sejarah dan semoga tidak terulang lagi peristiwa beberapa puluh tahun yang lalu ketika pemilihan Rektor USU di menangkan Prof Dr Bachtiar Ginting namun tidak di lantik Oleh Menteri Pendidikan dan ini sangat membekas di hati masyarakat Karo hingga saat ini,” ujar tokoh masyarakat Karo Roy Fachraby Ginting.

Roy Ginting juga mengingatkan bahwa atas latar belakang itulah sehingga sedari awal elemen Pemuda Merga Silima Sumut di bawah pimpinan Paham Sebayang dan Gunan Ginting Jawak sudah bergerak memberikan dukungan penuh dengan membuat spanduk di kampus USU yang terletak di daerah komunitas masyarakat Karo di Padang Bulan Medan. (Baca: PMS Mendukung Rektor USU dari Kalangan Suku Karo)

Sebagaimana diketahui, Senat Akademik Universitas Sumatera Utara (USU) telah menetapkan tiga nama sebagai calon Rektor USU. Dari ketiga calon yang lolos, Prof Runtung sitepu memperoleh suara terbanyak, yakni 45 suara, disusul Prof. Zulkifli Nasution 42 suara, dan Prof Subhilhar 7 suara. (Baca: Inilah Daftar Nama Calon Rektor USU yang Lolos ke Tiga Besar)

Menurut Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor USU, Panusunan Pasaribu ketiga nama yang telah lolos ke tiga besar akan dibawa ke Jakarta oleh Majelis Wali Amanat (MWA) USU bersama Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti).

“Pada Kamis 21 Januari 2015, MWA akan merapatkan di Kantor Menteri (Ristek Dikti). Hari Kamis itu juga sudah diputuskan siapa yang jadi rektor USU periode 2016-2021,” kata Panusunan.