DPW APRI Sumut Audiensi ke DPRD Sumut

DPW APRI Sumut Audiensi ke DPRD Sumut
Sipayo.com – Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI) adalah Organisasi Penambang Rakyat yang dibentuk pada tanggal 24 Agustus 2014 yang lalu di Kaliurang, Yogyakarta. Organisasi Penambang ini berpisat di Jakarta dan kini telah membentuk kepengurusan diseluruh Indonesia. Dalam hal ini APRI bekerja sama dengan 4 kementerian RI dalam hal pengawasan tambang dan pengendalian dampak lingkungan serta kesehatan.

Khususnya Propinsi Sumatera Utara saat ini telah terbentuk kepengurusan APRI dan beberapa kepengurusan Kabupaten/Kota. Untuk mensosialisasikan keberadaan APRI didaerah Pengurus DPW APRI Sumut mengadakan kunjungan resmi berupa audiensi ke DPRD Sumut. Dalam kesempatan ini Ketua DPW APRI Sumut, Andre Sinaga disambut baik oleh Plh Ketua DPRD Sumut, Bapak Ruben Tarigan, SE diruang kerjanya.

Dalam pertemuan tersebut, Andre Sinaga memaparkan tujuan dan fungsi keberadaan APRI ditengah-tengah masyarakat khususnya wilayah Sumatera Utara. Sebagai wadah legal bagi Pertambangan Rakyat yang kolektif dan bertanggung jawab secara Ekonomi, Sosial, Politik, Ketahanan Negara dan Lingkungan Hidup.

Untuk Kedepannya APRI Sumut juga dalam kesempatan ini meminta dukungan dari DPRDSU dalam hal formalisasi/­legalitas tambang rakyat dalam bentuk Ijin Pertambangan Rakyat (IPR) karena ini erat kaitannya dengan pengawasan tentang keselamatan kerja dan dampak kerusakan lingkungan dapat diminimalisir dan dibenahi tanpa meninggalkan kerusakan (bekas tambang) agar dapat meningkatkan perekonomian rakyat secara formal dan menjadi pendapatan daerah.

Bapak Ruben Tarigan sangat mengapresiasi atas kehadiran APRI dan berharap APRI Sumut dapat mengakomodir seluruh penambang besar dan tradisional yang ada. Dan tidak lupa untuk mengawasi praktek penambang agar tetap menjaga kelestarian alam. Apabila telah terjadi kerusakan, APRI diharapkan menjadi motor untuk mendesak penambang untuk melakukan perbaikan alam yang telah digali serta tidak membiarkan begitu saja bekas galian.

Bapak Ruben Tarigan tak lupa mengucapkan selamat kepada pengurus yang telah terbentuk dan kedepannya beliau berharap agar APRI dapat bekerjasama dengan pihak terkait agar dapat menjadi corong terdepan mengawasi praktek tambang di Sumatera Utara.

Dalam kesempatan ini turut hadir dalam pertemuan unsur pengurus wilayah yaitu Sekretaris, Reno Silalahi, ST, Wakil Ketua, Perinando Sitepu, SH, Wakil Sekretaris, Andreas Sebayang dan didampingi pengurus DPC APRI Deliserdang.