Kisah William Irawan, Etnis Tionghoa Masuk Akademi TNI

Kisah William Irawan, Etnis Tionghoa Masuk Akademi TNI
Sipayo.com – Sosok Yi Siong Cen atau William Irawan (20) dalam kurun beberapa waktu terakhir selalu banyak diperbincangkan oleh netizen di Indonesia. Pada penghujung tahun 2015 lalu, Sipayo.com sempat mengangkat beritanya dengan judul “Inilah Warga Tionghoa Pertama yang Masuk Akmil di Indonesia” dan tulisan tersebut pun langsung menjadi pusat perhatian dan telah dibaca ribuan kali.

Lalu bagaimanakah kisah William Irawan yang pada awalnya bermimpi menjadi anggota TNI yang kini sudah digengamnya? William berkisah, sejak duduk di sekolah dasar dirinya telah tekut berlatih fisik dengan menjadikan sosok Bruce Lee sebagai ‘gurunya”.

“Idola saya Bruce Lee. Saya ikuti latihan fisik yang dia lakukan di film-film,” ujar William sebagaimana dikutip dari Detikcom, Rabu (3/2/2016).

Karena begitu mengidolakan sosok Bruce Lee, William hampir mengoleksi seluruh film-film aktor terkenal asal China tersebut. William juga mengaku telah menonton semua film sang legenda kung fu itu. “Semua saya sudah toton, ada Enter The Dragon, The Legend of Bruce Lee,” ujarnya.

William juga mengaku berlatih di rumah tanpa alat-alat mahal. Tak ada samsak atau arena latihan, William berlatih dengan apa adanya di rumahnya. “Kalau restok (pull up) di kusen pintu,” kenangnya.

Meski kerap diremehkan keluarga besarnya, namun William tetap berusaha latihan keras untuk menjadi anggota TNI. Bukan saja soal fisik, tetapi juga dari segi mental.

“Ada keluarga bilang, ‘ah nggak mungkin bisa’. Di keluarga saya memang tak ada yang menjadi pegawai pemerintahan, saya yang pertama kali. Tapi ini hidup saya, saya yang memutuskan,” ujar William Irawan.

Sebagaimana diketahui, wWlliam masuk Akademi TNI pada awal 2015. Pada Agustus 2015, dia diwisuda menjadi Kopral Taruna. Saat ini dia menjalani pendidikan dan jika lulus akan menjadi Sersan Taruna. Jika lancar, maka pria asal Medan ini akan masuk Akmil dan lulus pada tahun 2019 dengan pangkat Letnan Dua.