Pemilihan Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018

Pemilihan Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018
Sipayo.com – Perbincangan terkait Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgub Sumut) kini semakin menghangat di media sosial, sejumlah nama tokoh juga turut bermuculan yang kabarnya akan ikut dalam perebutan kursi nomor satu di Sumatera Utara.

Selain nama Tengku Erry Nuradi yang kini tengah menjabat sebagai Plt Gubernu Sumatera Utara, sejumlah nama yang mengemuka bakal ikut meramaikan Pilgub Sumut, diantaranya seperti Ngogesa Sitepu, JR Saragih, Ruben Tarigan, hingga Maruarar Sirait. (Baca: Ngogesa Sitepu Siap Maju pada Pemilihan Gubsu)

Seiring dengan mengemukannya perbincangan terkait Pilgub Sumut di sosial media, lalu kapan sebenarnya pelaksanaan pemilihan gubernur dilaksanakan di daerah ini?

Sebagaimana diungkap oleh anggota KPU Sumut Nazir Salim Malik beberapa waktu yang lalu kepada wartawan, menyebutkan bahwa Pilgub Sumut akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang.

Menurut Nazir, pelaksanaan Pilgub Sumut tersebut akan bertepatan dengan berakhirnya periode masa jabatan mantan Gubsu Gatot Pujo Nugroho – Erry Nuradi pada tahun 2018 mendatang.

Lebih lanjut Nazir mengatakan, pelaksanaan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur akan dilaksanakan mulai tahun 2017 sebagaimana aturan yang telah ditetapkan. “Tahapannya mulai tahun 2017, pelaksanaanya tahun 2018,” terangnya.

Nazir memang tidak menampik terkait munculnya isu percepatan pelaksanaan Pilgub Sumut dikarenakan revisi UU Pilkada yang sedang digodok DPR Ri. Namun demikian, Nazir tidak mengetahui apakah revisi tersebut juga berkaitan dengan jadwal penyelenggaraan Pilgub Sumut.

Namun Nazir juga menyatakan kesiapan KPU Sumut, meski penyelenggaraan Pilgub nantinya akan dipercepat. “Sebagai penyelenggara kita selalu siap kalau dipercepat jadwalnya,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu telah menetapkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak gelombang ke dua yang akan dilangsungkan pada, Rabu 15 Februari 2017, yang diikuti oleh 101 daerah di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Di Provinsi Sumatera Utara, pilkada serentak gelombang kedua pada 15 Februari 2017 mendatang hanya diikuti oleh 2 daerah, yakni Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Tebing Tinggi.