7 Alasan Arya Sinulingga Layak jadi Gubernur Sumut

7 Alasan Arya Sinulingga Layak jadi Gubernur Sumut
Oleh: Alexander Firdaust Meliala

Sipayo.com – Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) menurut rencananya akan diselenggarakan pada tahun 2018 mendatang. Meski pegelaran pesta demokrasi tingkat daerah Sumatera Utara tersebut masih menyisakan waktu dua tahun lagi. Namun mulai kini, keberadaan nama kandidat calon gubernur telah mengemuka di berbagai media massa.

Salah satu nama kandidat calon gubernur Sumatera Utara yang kini cukup senter dikabarkan akan turut ikut memperebutkan kursi nomor satu di Sumatera Utara adalah Arya Mahendra Sinulingga. Pria kelahiran, Kabanjahe, 18 Februari 1971 ini dinilai layak menjadi orang nomor satu di Sumatera Utara.

Berikut ini adalah tujuh alasan Arya Sinulingga sangat layak menjadi Gubernur Sumatera Utara:

 1. Arya Sinulingga Sosok Cerdas
Arya Sinulingga adalah alumni SMAN I Medan dan Teknik Sipil ITB. Bayangkan, SMAN I Medan merupakan salah satu sekolah menengah terfavorit di Sumatera Utara, begitu juga dengan ITB merupakan salah satu perguruan tinggi favorit di Indonesia. Bila Arya Sinulingga bukan sosok yang cerdas, maka mustahil dirinya dapat menempuh pendidikan di sekolah dan universitas favorit ini.

2. Arya Sinulingga Berprestasi
Tumbuh dari keluarga sederhana, sehingga Arya Sinulingga benar-benar memulai karir dari bawah di jalur profesional. Pada kurun 2004-2006 beliau hanyalah sebagai seorang staf ahli DPRD Sumut Fraksi PDI-P kala itu. Karirnya semakin menanjak ketika ditunjuk sebagai komisioner KPID Sumut pada periode 2006-2008. Sejak itu Arya akhirnya bergabung dengan perusahaan media Indovision, salah satu perusahaan televisi berbayar yang merupakan grup dari perusahaan media MNC. Dianggap sangat berprestasi di bidang media, akhirnya membuat dirinya semakin mendapatkan banyak tugas baru di MNC Grup. Pada tahun 2011, Arya telah dipercaya menjadi salah satu direktur di perusahaan media terbesar di Indonesia tersebut.

3. Arya Sinulingga Memiliki Jaringan Luas
Dikenal sebagai seorang aktivis Kampus ITB dan merupakan bagian dari sedikit mahasiswa yang berani melakukan demo-demo pada masa pemerintahan Soeharto. Selain itu Arya juga dikenal sebagai aktivis yang kerap ikut dalam pergerakan buruh dan petani saat itu, dan saat sekarang dikenal sebagai salah satu direktur perusahaan media terbesar di Indonesia, menjadikan sosok Arya Sinulingga otomatis memiliki jaringan luas, baik dari tingkat daerah hingga nasional. Dengan keberadaan jejaring yang dimiliki, tentu sosok Arya akan lebih mudah membangun Sumatera Utara ke arah yang lebih baik.

4. Arya Sinulingga Berwawasan Luas
Pada zaman sekarang sudah sangat sulit menemukan sosok yang memiliki hobi membaca. Berbeda halnya dengan Arya Sinulingga, dia dikenal sebagai seorang yang hobi membaca sejak masih SMA, dan hingga kini hobi tersebut masih tetap ditekuninya. Sebagaimana yang disebut oleh para ahli, kegiatan membaca dapat memberikan dampak yang sangat positif terhadap seseorang. Tak hanya sekedar menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, membaca juga terbukti dapat melatih kemampuan berpikir, mengasah kemampuan menulis, mendukung kemampuan berbicara di depan umum, meningkatkan konsentrasi, hingga sebagai sarana refleksi dan pengembangan diri.

5. Arya Sinulingga Sosok Merakyat
Dikenal sebagai pimpinan di lingkungan MNC Grup, Arya Sinulingga tetap masih sebagai sosok yang merakyat. Pengalamannya yang selalu dekat dengan masyarakat ketika masih aktif sebagai aktivis mahasiswa, ternyata masih terus berlanjut hingga kini. Buktinya, setiap berkunjung ke Medan, tak jarang Arya Sinulingga selalu menyempatkan waktu bercengkrama dengan kalangan masyarakat dan mahasiswa meski pertemuan tersebut dilakukan di warung kopi atau pinggir jalan.

6. Arya Sinulingga Peduli Sumatera Utara
Berkiprah di Jakarta sebagai seorang profesional ternyata tidak membuat Arya Sinulingga lupa dengan tanah kelahirannya di Sumatera Utara. Sebagai contohnya dirinya masih tetap berkarya untuk masyarakat Sumatera Utara dengan aksi ‪#‎SaveTanahKaro‬ untuk korban bencana erupsi Sinabung dan juga turut membangun Jambur Erlajar bersama KBK ITB untuk mengedukasi generasi muda, khususnya anak-anak SMA dan SMK agar sukses dan lulus menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Saat ini sudah terdapat 3 Jambur Erlajar yang didirikan di sumatera Utara, diantaranya di Kabanjahe, Tigabinanga, dan Pancurbatu. Melalui Jambur Erlajar siswa/i diberikan bimbingan belajar sekaligus motivasi secara gratis agar dapat lulus ke PTN favorit di Indonesia.

7. Arya Sinulingga Memiliki Fisik Kuat
Menyelesaikan berbagai pekerjaan berat tentu memerlukan fisik dan mental yang kuat. Karateria ini juga tepat dan dapat ditemukan pada diri Arya Sinulingga. Selain memiliki tinggi dan berat badan yang proporsional, Arya Sinulingga juga dikenal sebagai seorang yang rajin berolahraga. Disela-sela kesibukannya sebagai seorang profesional, Arya juga selalu menyempatkan waktu melakukan olahraga lari yang ditekuninya minimal 3 kali dalam seminggu dengan jarak tempuh 7 hingga 10 kilometer.

*Penulis adalah Pegiat Sosial Media dan Pendiri Karo Cyber Community