Malam Apresiasi kepada Seniman Karo Segera Digelar

Malam Apresiasi kepada Seniman Karo Segera Digelar
Sipayo.com – Malam Apresiasi dan Pemberian Anugerah Kepada Seniman Karo 2016 akan segera digelar dalam waktu dekat di Balai Zeqita, Jln. Djamin Ginting, Medan.

Hal tersebut dikatakan oleh ketua panitia Maidarto Ginting S.Pd atau yang familiar dikenal dengan julukan Darto Keling kepada Sipayo.com baru-baru ini di Medan.

Dalam rangka suksesi kegiatan ini, menurut Darto telah dilakukan serangkaian langkah-langkah, yaitu mulai dari mencari informasi sebanyak-banyaknya dari masyarakat terkait sosok seniman Karo.

“Demi suksesnya kegiatan Malam Apresiasi kepada Seniman Karo yang segera akan digelar, maka panitia sejauh ini telah melakukan serangkaian langkah-langkah mencari informasi terkait seniman Karo dari masyarakat dan juga dari para pemerhati seni Karo,” ujar Darto.

Selain itu menurut Darto, panitia juga telah melakukan audiensi kepada sejumlah tokoh Karo, baik secara lembaga organisasi Karo dan juga kepada tokoh Karo yang duduk di lembaga pemerintahan.

“Beberapa kali audiensi yang kita lakukan adalah dalam rangka mencari dukungan dari para tokoh Karo, dan hal ini dimaksudkan agar kegiatan ini nantinya benar-benar dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Berikut adalah rincian sejumlah kategori apresiasi yang akan diberikan kepada para seniman Karo sebagaimana yang disampaikan oleh Darto Keling selaku Ketua Panitia:

1. Seniman yang Telah Almarhum

  • Musik Modern/tradisi
  • Karya Cipta
  • Penyanyi dan Perkolong-kolong
2. Telah Berkarya Miniman 20 Tahun
3. Terpopuler dari Tahun 70-an Sampai Sekarang
4. Karya Cipta Menasional
5. Karya Cipta Terbanyak
6. Karya Cipta Tema Perjuangan
7. Seniman Karo yang Telah Membawa Musik Tradisi Karo ke Tingkat Nasional dan Internasional
8. Perkolong-kolong terpopuler
9. Seniman Karo yang Menasional
10. Seniman dengan Kondisi Fisik Lemah
11. Seniman yang Telah Berkarya 3 Dekade
12. Seniman Pendatang Baru Favorit
13. Lagu Karo Sepanjang Masa
14. Penyanyi Sekaligus Pencipta Lagu Populer