Hidup Adalah Perjuangan, Semangat Adalah Kehidupan

Hidup Adalah Perjuangan, Semangat Adalah Kehidupan



 Oleh: Sry Astanaria Sembiring

Sipayo.com – Setiap orang tentu menginginkan hidup yang baik dan kondisi ekonomi memadai. Namun usaha apakah yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut?

Pemikiran setiap orang mungkin berbeda-beda. Namun cara paling efektif mencapai kesuksesan bukan hanya dari pendidikan. Justru banyak orang melakukan mobilisasi atau perpindahan status ekonomi melalui skill atau kemampuan yang mereka miliki.

Pengalaman dalam hal melirik usaha juga sangat berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi. Pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah mengapa justru pengalaman berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi?

Jawabannya menurut saya, yaitu berkat adanya kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Kepekaan dalam hal ini seringkali membuat orang mendapatkan ide dan pencerahan. Pencerahan yang dimaksud adalah tentang usaha yang cocok dengan kondisi lingkungan tersebut. Pencerahan tersebut sekaligus akan memacu seseorang  untuk berpikir lebih kreatif dan berinovasi.

Setelah menemukan ide dan ingin berinovasi, seseorang itu tentunya juga harus memiliki semangat dalam memperjuangkan kehidupan yang lebih baik. Tanpa semangat tak mungkin seseorang dapat bertahan dan mencari solusi dari masalah yang ada. Dengan kata lain, semangat itu sendiri justru sebagai perwujutan dari kehidupan. Semangat adalah kehidupan…

*Penulis adalah Mahasiswa Semester II di Fakultas Fisip USU Jurusan Sosiologi