Belalang Kembara Teror Nusa Tenggara Timur

Belalang Kembara Teror Nusa Tenggara Timur

Teror Belalang (detik.com)

Sipayo.com – Sejak minggu lalu, kawasan Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur(NTT) diserang ribuan belalang kembara serang pemukiman rumah warga hingga bandara udara.

Bandara Umbu Mehang Kunda diteror belalang kembara pada sabtu (10/6) sekitar pukul 13.00 WITa. Ribuan belalang kembara terbang dari arah timur bandara dan memenuhi landasa di Bandara Umbu Mehang Kunda di Waingapu.

Mariana Silvana Moy, warga yang tinggal disekitaran bandara dilansir dari detik.com mengatakan Pesawat yang hendak mendarat dibandara sampai harus berputar-putar diatas bandara selama setengah jam menunggu landasan dibersihkan karena dipenuhi belalang kembara.

Pihak bandara berupaya mengusir belalang dari landasan dengan cara menyalakan sirine bandara. Beberapa penerbangan juga harus ditunda karena serangan belalang kembara ini.

Tak hanya meneror bandara, belalang kembara juga mulai meneror rumah dan lahan pertanian warga. Belalang Kembara juga memakan tanaman warga, dan banyak juga bergelantungan dijendela rumah warga, ungkap Nelson butar-butar kamis (15/6) salah satu warga.

Populasi belalang Kembara tak dapat dibendung pertumbuhannya diduga akibat kemarau panjang. Predator belalang kembara ini tidak tahan pada musim kemarau hingga jumlah populasinya mengalami lonjakan. Belalang Kemabara adalah jenis hama pemakan rumput-rumputan.

Menanggapi kejadian ini, Pemerintah Kabupaten Sumba Timur pada Rabu (14/6) kemarin telah menetapkan ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Rapat ini dipimpin langsung oleh Bupati Sumba Timur Gideon Mbiliyora.

“Iya, kita sudah gelar rapat berbagai sektor dan tetapkan peristiwa ini sebagai kejadian luar biasa,” ujar Gideon dikutip dari salah satu media lokal.

Menurut Bupati, pihaknya sudah mengerahkan seluruh stakeholder untuk menangani meluasnya serangan belalang, apalagi belalang sudah mulai menyerang persawahan warga.