Bubur Pedas Masjid raya Stabat Menu Khas Buka Puasa Langkat

Sipayo.com – Sejak awal bulan puasa Ramadhan tahun ini, Masjid Raya Stabat menyediakan menu Khas Langkat , yakni bubur pedas sebagai menu berbuka puasa. Bubur pedas merupakan makanan khas suku Melayu Langkat yang dibuat warga pada saat tertentu, seperti acara pernikahan, kenduri, sunatan, puasa dan lebaran.

Pembuatan bubur pedas ini cukup rumit, karena menggunakan puluhan jenis rempah-rempah dan daun yang mengandung banyak khasiat. Semua rempah dan daun ini, kemudian dicampurkan dengan kentang, wortel, tauge yang menjadi bahan pembuatan bubur pedas.

Bubur pedas ini juga bisa dicampurkan dengan urap atau anyang untuk menamnah cita rasa. Bubur pedas juga dipercaya dapat menyegarkan tubuh kembali, membuat badan menjadi hangat dan mengusir angin yang ada dalam tubuh.

Pengelola Masjid Raya Stabat mengatakan pihak Masjid menyediakan 200 porsi bubur pedas untuk warga dan pengguna jalan saat berbuka puasa. Apalagk pada saat musim arus mudik lebaran. Para pemudik yang melintas dari Kota Medan menuju Aceh atau sebaliknya bisa berbuka puasa di Masjid ini dengan gratis.