Facebook Dan Instagram Sarang Konten Negatif

Facebook Dan Instagram Sarang Konten Negatif


Sipayo.com – Baru baru ini Kementerian Komunikasi dan Informatika menlansir laporan media sosial (medsos) yang menjadi sarang beredar konten negatif maupun hoax.

pada periode awal tahun 2017 ini, Facebook dan Instagram menjadi media sosial yang paling sering mendapatkan aduan karena berisi konten-konten negatif. Hingga bulan mei kemaren, Facebook dan Instagram sama sama mendapatkan 270 aduan. Sementara posisi selanjutnya diisi oleh Youtube dan Google dengan 74 aduan mengenai konten negatif. sementara Twiter mendapatkan 49 aduan.

Sebelumnya pada periode 2016 kemaren, Twitter adalah media sosial yang paling sering diadukan karena berisi konten negatif. tercatat pada 2016 lalu, twitter mendapat 3.211 aduan, menyusul facebook dan Instagram dengan 1.375 aduan.

Laporan aduan ini merupakan kombinasi dari berbagai jenis konten negatif, seperti SARA, pornografi, hoax, penipuan, hingga kasus perjudian.

Menurut Plt Kepala Biro Humas Kominfo, Noor Iza, pelaporan konten negatif pada tahun ini di medso cenderung menurun dibandingkan tahun lalu. “Masyarakat sudah mulai cerdas dalam mencerna informasi yang masuk, khususnya yang terdapat dalam medsos” ucapnya.