Mengenal dan Memahami Teknologi sebagai Peluang dan Acaman

Mengenal dan Memahami Teknologi sebagai Peluang dan Acaman

Oleh: Sry Astanaria Sembiring

Dewasa ini teknologi tidak dapat dipisahkan dari aktifitas dan kegiatan sehari-hari. Bila manusia di masa lampau mengenal teknologi hanya sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari seperti berburu, mengumpulkan makanan dan itu pun dengan peralatan yang mereka peroleh dari alam. Justru sangat berbeda dengan masa sekarang, dimana teknologi sudah mencakup seluruh aspek kehidupan.

Dengan adanya teknologi, semua orang bebas mengakses informasi dimana saja dan kapan saja tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Teknologi selalu menjanjikan kemudahan bagi setiap penggunanya.

Menurut Alisyahbana, teknologi merupakan cara untuk melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal, sehingga seolah-olah teknologi dapat memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindera dan otak manusia.

Sedangkan menurut seorang pakar kebudayaan Jean Baudrillard, teknologi adalah simbol kemajuan. Siapa saja yang memanfaatkan teknologi, maka dalam dirinya akan tercermin sebuah kemajuan. Lebih jauh ia menjelaskan, selain sebagai simbol kemajuan, teknologi juga menjadi simbol status bagi pemakainya. Simbol status ini disebabkan oleh makna simbolis yang melekat pada teknologi tersebut, seperti merek atau produsennya.

Selain menjanjikan kemudahan, teknologi juga menjanjikan peningkatan produktivitas, kecepatan, dan popularitas. Hal ini diakibatkan karena teknologi ini tidak mengenal batasan. Ketika seseorang menggunakan teknologi maka akan sangat banyak peluang yang mereka miliki.contoh sederhananya dapat kita lihat pada penjualan produk online dimana setiap orang dapat membeli dan menjual produknya tanpa harus keluar dari rumah.

Namun, sadarkah kita bahwasannya teknologi itu dapat menjadi bencana? Jika sebelumnya telah kita bahas tentang kebaikan atau dampak positif teknologi maka alangkah baiknya kita juga mengetahui dampak negatifnya sehingga dampak negatif tersebut dapat diminimalisir.

Pertama, teknologi dapat menjadi ancaman bagi sebagian manusia, karena dengan kehadiran teknologi mereka kehilangan mata pencaharian. Jika sebelumnya perusahaan menggunakan tenaga manusia maka dengan hadirnya teknologi semua itu di gantikan dengan mesin-mesin bertenaga besar.

Kedua teknologi menimbulkan ancaman berbagai penyakit. Dengan adanya handphone mengancam timbulnya kanker otak yang disebabkan oleh radiasi gelombang elektromagnetik. Teknologi juga menimbulkan berbagai macam polusi. Selain itu, teknologi juga mengancam terjadinya pemanasan global.

Tak kalah penting yang harus selalu kita ingat bahwa teknologi itu bagai pisau yang bermata dua yang di satu sisi menjanjikan peluang dan sisi lain dapat juga menjadi ancaman. Jika hal ini sudah kita pahami dengan benar, maka niscaya kita akan dapat mengembangkan serta memakai teknologi dengan tepat guna sehingga menjadi peluang yang besar bagi setiap individu penggunanya.

  • Penulis adalah Mahasiswa Semester II di Fakultas Fisip USU Jurusan Sosiologi