Pancasila Sebagai Pilar Pemersatu Bangsa

Pancasila Sebagai Pilar Pemersatu Bangsa

Oleh: Sry Astanaria Sembiring

Pancasila sebagai Dasar Negara mengandung nilai-nilai yang menjadi dasar atau pedoman normatif bagi penyelenggaraan negara. Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.

Bagi masyarakat Indonesia, Pancasila merupakan cita-cita luhur bangsa. Pada kelima sila yang disebut Pancasila, terdapat nilai-nilai hidup, yakni Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, serta Keadilan Sosial.

Kelima pilar Pancasila ini akan dapat diwujudkan melalui sikap dan perbuatan Rakyat Indonesia, khususnya dalam hal toleransi terhadap perbedaan suku, bahasa, budaya bahkan agama. Mengingat Indonesia sebagai negara plural, sehinga toleransi sangat agar perbedaan yang ada tidak menjadi batu sandungan pemicu konflik.

Sebagai Ideologi Bangsa, seharusnya Pancasila bukan hanya sekedar simbolisasi, melainkan pengamalan terhadap kelima sila yang harus selalu diingat dan dilakukan oleh masyarakat. Dengan demikian, keunikan dan keharmonisan dapat terjalin di tengah bangsa yang sedang membangun ini.

* Penulis adalah Mahasiswa Semester II di Fakultas Fisip USU Jurusan Sosiologi